Pertama Kalinya Astronot NASA Tanam Cabai di Luar Angkasa
Foto: Times Now
Lifestyle

Pertama Kalinya Astronot NASA Tanam Cabai di Luar Angkasa

Kamis, 22 Jul 2021 | 16:16 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Astoronot NASA, Shane Kimbrough menanam cabai untuk pertama kalinya di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Penanaman cabai ini merupakan bagian dari percobaan yang dilakukan di laboratorium orbital.

Dikutip dari CNN, Shane Kimbrough memasukkan 48 biji benih cabai ke dalam Advanced Plant Habitat, pada 12 Juli lalu. Dia sebelumnya juga pernah membantu menanam selada romaine merah, lho.

Advanced Plant Habitat atau APH merupakan fasilitas pertumbuhan tanaman yang ada di ISS. Ukurannya memang tidak besar, mirip seperti oven di dapur.

Para astronot NASA yang ada di Stasiun Luar Angkasa, biasanya melakukan eksperimen di fasilitas tersebut.

Memanfaatkan 180 sensor dan kontrol untuk pemantauan, membuat eskperimen tersebut bisa dikendalikan dari Kennedy Space Center dan meringankan pekerjaan astronot NASA.

“Ini adalah pertama kalinya astronot NASA membudidayakan tanaman cabai di ISS dari biji hingga matang,” jelas NASA.

Peneliti utama Matt Romeyn mengatakan bahwa eksperimen ini merupakan yang paling kompleks di ISS.

“Kami sebelumnya telah menguji pembuangan untuk meningkatkan peluang panen yang sukses karena astronot harus menyerbuki cabai untuk menumbuhkan buah,” ujarnya.

Sebelum dilakukan penanaman, peneliti terlebih dahulu melakukan evaluasi sejumlah varietas cabai selama dua tahun, hingga akhirnya menemukan yang sesuai, yakni cabai NuMex dari New Mexico.

TAGS:
astronot NASAtanam cabaicabailuar angkasa

RELATED STORIES

Loading interface...