Pesta Gerhana di Bukit Soeharto
Nasional

Pesta Gerhana di Bukit Soeharto

Selasa, 8 Mar 2016 | 14:06 | Rusmanto
WinNetNews.com - Bukit Soeharto menjadi lokasi favorit wisatawan mancanegara untuk menyaksikan gerhana matahari total 9 Maret 2016 di Sulawesi Tengah. Bukit Soeharto berada di Desa Kapopo, Kelurahan Ngatabaru, Kabupaten Sigi.

"Kami berkumpul menikmati gerhana matahari total," kata Roderick, turis asal Seattle, Amerika Serikat, di Bukit Soeharto, Selasa (8/3/2016).

Roderick mengatakan, ia telah tiba di Sulawesi Tengah sejak tiga hari lalu. Tapi ia tak hanya datang demi melihat gerhana matahari total.

Roderick bersama puluhan turis asing lainnya berencana menggelar pesta gerhana. Mereka bekerja sama dengan event organizer setempat buat menyiapkan acara itu.

Hari ini mereka mendirikan panggung yang di sisi bukit yang menghadap ke Kota Palu. Pada malam hari akan terlihat kerlip lampu Kota Palu dari tempat itu. "Bersama teman-teman, bersenang-senang," kata Roderick.

Roderick juga menjual kaos-kaos bertema gerhana matahari total. Lapak kaus miliknya berdiri di antara warung-warung milik penduduk lokal yang menjual makanan, kudapan, dan minuman.

Acara khusus seperti yang diadakan Roderick bukan satu-satunya di Sulawesi Tengah. Pengelola event organizer di Palu kebanjiran pesanan menggelar acara terkait gerhana. "Ramai sekali sekarang. EO banyak kebanjiran order. Hotel-hotel sudah penuh," kata John, warga Palu, kepada detikcom.

Selain di Bukit Soeharto, lokasi pengamatan gerhana matahari total di Sulawesi Tengah juga ada di lapangan Kotapulu, Palu. Lapangan ini menjadi pusat pengamatan gerhana di Palu.

Baca juga: Jadwal Gerhana Matahari Total di 8 Kota Indonesia

disadur dari situs detik news

TAGS:
Amerika SerikatKabupaten SigiSulawesi TengahBukit SoehartoDesa KapopoRoderickKota Palu

RELATED STORIES

Loading interface...