Piala Dunia Basket 2019: Filipina Tergabung di Grup Neraka

Daniel
Daniel

Piala Dunia Basket 2019: Filipina Tergabung di Grup Neraka Timnas basket Filipina

Winnetnews.com - Piala Dunia Basket 2019 di China akan dimulai kurang lebih lima bulan lagi. Pembagian babak penyisihan grup sudah ditentukan. Satu-satunya negara Asia Tenggara Filipina tergabung dalam grup yang cukup menantang.

Filipina tergabung dalam grup D bersama tim asal Afrika Angola, dan dua tim asal Eropa Serbia dan Italia. Serbia merupakan juara dua kali Piala Dunia Basket yakni pada 1998 dan 2002, sementara Italia sudah tampil sebanyak sembilan kali di ajang tertinggi basket dunia ini.

Serbia bahkan pada gelaran Piala Dunia 2014 sukses melaju hingga babak final. Sayangnya pada partai puncak, mereka ditaklukkan oleh Amerika Serikat dengan skor 129-92. Sementara itu Angola sudah tujuh kali tampil di ajang Piala Dunia Basket. Filipina sendiri bukan anak baru di turnamen ini, mereka sejauh ini sudah lima kali berpartisispasi.

Pelatih Filipina, Yeng Guiao, sadar bahwa peluang timnya untuk lolos ke babak selanjutnya cukup tipis. Guiao menilai timnya di turnamen kali ini berada dalam posisi sebagai underdog. Kendati demikian Guiao takkan membiarkan timnya jadi bulan-bulanan.

“Melihat Italia, Serbia, dan Angola, mereka jelas adalah tim yang sulit untuk ditaklukan,” kata Guiao mengutip dari Rappler. “Kami akan menghadapi laga yang sulit. Kami jelas bakal jadi tim underdog pada melawan tim-tim tersebut.”