Pilih Minum Teh Manis dengan Gula Pasir atau Madu?
ilustrasi
Kesehatan

Pilih Minum Teh Manis dengan Gula Pasir atau Madu?

Jumat, 5 Feb 2021 | 07:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Teh manis adalah minuman favorit sejuta umat. Mau yang dingin atau panas, selera tiap orang pasti berbeda. Termasuk pemanis yang digunakan. Ada orang yang minum teh manis pakai gula pasir putih biasa, dan ada pula yang pakai madu karena katanya lebih sehat. Nah, kira-kira mana yang sebetulnya lebih sehat digunakan sebagai pemanis teh?

Plus minus minum teh manis pakai gula pasir biasa

image0

Gula pasir terbuat dari ekstrak tebu. Sebagai bahan pemanis, gula putih termasuk sumber karbohidrat yang tinggi kalori. Asupan kalori tinggi dapat membantu tubuh memproduksi energi untuk Anda beraktivitas.

Namun demikian, energi yang disediakan oleh gula tidak bisa bertahan lama. Pasalnya, gula adalah karbohidrat sederhana yang nilai glikemiknya paling tinggi di antara semua makanan berkarbohidrat. Dari rentang skor 0-100, nilai IG gula pasir adalah 100. Semakin tinggi nilai glikemik suatu makanan, semakin cepat pula makanan tersebut menaikkan gula darah. Peningkatan gula darah inilah yang menjadi sumber energi utama bagi tubuh.

Di sisi lain, karbohidrat sederhana dari gula sangat mudah dipecah sehingga gula darah juga bisa langsung cepat menurun drastis beberapa saat setelah makan. Itu kenapa Anda sangat mudah merasa lemas dan mengantuk setelah kebanyakan makan gula.

Dalam jangka panjang, kenaikan gula darah akibat konsumsi gula berlebih dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Di antaranya membuat gigi bolong hingga memicu diabetes dan penyakt jantung. Terlebih, gula pasir tidak mengandung gizi atau nutrisi apa pun.

TAGS:
kesehatanteh manisgula pasirmadu

RELATED STORIES

Loading interface...