Pompeo Dukung Ozil Kritik China Penjarakan Muslim Uighur
Mike Pompeo (kiri) dukung cuitan Mesut Ozil (kanan) terkait kritik Xinjiang yang memenjarakan dna mengintimidasi Muslim Uighur. [Foto: sports.yahoo.com]
Internasional

Pompeo Dukung Ozil Kritik China Penjarakan Muslim Uighur

Rabu, 18 Des 2019 | 12:56 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Pasca cuitan pesepakbola Jerman berdarah Turki, Mesut Ozil, meledak lantaran komentarnya perihal kondisi Muslim Uighur di Xinjiang, China yang dipenjara dan terus mendapat intimidasi dari otoritas China, Sekretaris Negara Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pun turut angkat bicara.

Pejabat Negeri Paman Sam itu mendukung aksi cuitan yang dilakukan gelandang serang Arsenal tersebut. Ozil yang terbilang berani. Pasalnya, setelah cuitan tersebut muncul dan meluas, otoritas China terpaksa memboikot tayangan laga Liga Primer Inggris yang mempertemukan Manchester City dan Arsenal.

Jika eks pesepakbola Yaya Toure mengkritik Oezil, tidak dengan Pompeo. Pejabat tinggi AS itu membuat kalimat dukungan kepada eks gelandang Timnas Jerman tersebut lewat media sosialnya.

"Alat propaganda Partai Komunis China bisa saja menyensor Oezil dan pertandingan Arsenal semusim penuh, tapi kebenaran akan terungkap," kata Pompeo di akun Twitter-nya, seperti dikutip Detik.com, Rabu (18/12).

"CCP [Partai Komunis China] tidak akan bisa menyembunyikan pelanggaran HAM berat, yang dilakukan kepada warga Uighur dan agama lainnya di dunia ini," tulis pernyataan Pompeo.

Sebelumnya China sudah bereaksi keras kepada Ozil. Negeri Tirai Bambu memboikot pertandingannya bersama Arsenal, hingga memblokir semua informasi tentang Ozil di negaranya.

Warga China sendiri juga merespons keras sikap Ozil, yang menganggap pemerintahnya dituduh melakukan pelanggaran HAM berat. Mulai dari kecaman di media sosial, hingga membakar jersey Arsenal dilakukan masyrakat China.

Kementerian Luar Negeri China sempat membantah apa yang disoroti Ozil. Geng Shuang, juru bicara Kemenlu China menilai, Xinjiang tidak seperti yang dibicarakan. Geng Shuang bahkan mengundang Ozil datang sendiri untuk melihat apa yang terjadi.

Isu muslim Uighur memang menjadi sorotan dunia. AS menjadi salah satu negara yang mengecam China, sampai membuat RUU bernama 'Uighur Act of 2019', yang isinya mengancam sanksi kepada para pejabat China yang berada di balik kebijakan terhadap Uighur. [dtc]

TAGS:
Sekretaris Negara Amerika SerikatMike PompeoMesut ozilArsenalJermanmuslim uighurxinjiangChinaintimidasiNegeri Tirai Bambu

RELATED STORIES

Loading interface...