Posting Dua Foto Kucing yang Diadopsinya, Seulgi Red Velvet Tuai Kritik Tajam Netizen!
Foto: Pinterest
Entertainment

Posting Dua Foto Kucing yang Diadopsinya, Seulgi Red Velvet Tuai Kritik Tajam Netizen!

Rabu, 28 Agt 2019 | 10:58 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  Pada hari Selasa (27/8), Seulgi Red Velvet memamerkan foto dua kucing yang baru saja dia adopsi. Sayangnya, postingan tersebut justru menuai kritik tajam netizen karena kucing yang dia adopsi dinilai rentan mengalami masalah kesehatan.

"Ini Lulu dan Lala. Mereka adalah anggota baru keluargaku,” tulis Seulgi di akun Instagram pribadinya.

image0

Setelah melihat foto tersebut, sebagian besar netizen mengaku gemas melihat kucing-kucing itu yang tampak lucu. Tetapi beberapa netizen mengungkap bahwa kucing-kucing yang diadopsi Seulgi adalah Scottish Kilt, persilangan antara Scottish Fold dan Munchkin.

Scottish Kilt dibiakkan untuk terlihat imut tetapi dikenal rentan terhadap penyakit genetik karena merupakan hasil perkawinan antara antara Kilt berkaki pendek dan Scottish Fold yang dikenal memiliki penyakit genetik yang disebut osteomalasia (kelainan pada tulang yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan rapuh) sehingga rentan mengalami patah tulang atau nyeri pada persendian, termasuk telinga, dan kaki serta ekornya menjadi kaku, yang kemungkinan akan mempengaruhi umur panjangnya. Hal ini juga membuat beberapa negara Eropa secara hukum melarang budidaya silang antara Scottish Fold dan Munchkin.

Setelah Seulgi memposting kucing-kucing miliknya, kekhawatiran yang muncul akan memengaruhi lebih banyak kucing-kucing jenis ini untuk dibiakkan dan dibeli meskipun rentan terhadap penyakit genetik.

Menanggapi hal ini banyak netizen yang mengkritik Seulgi karena seharusnya dia tidak memposting kucing-kucing miliknya di akun Instagram-nya.

"Seulgi adalah seorang selebriti. Kamu tidak bisa membeli kucing-kucing ini hanya karena mereka imut,” tutur seorang netter.

“Orang yang berpengaruh seperti Seulgi memelihara kucing dari jenis ini akan mengumpulkan lebih banyak minat pada jenis kucing ini dan menciptakan lebih banyak permintaan konsumen, yang berarti lebih banyak kucing harus dibiakkan untuk memenuhi permintaan tersebut. Itu sebabnya orang-orang meninggalkan komentar tentang itu. Bukan hanya sekadar benci. Begitu orang-orang menyadari bahwa kucing-kucing ini rentan mengalami penyakit keturunan yang memerlukan perawatan dan pengobatan di rumah sakit, mereka akhirnya akan meninggalkan mereka dan kucing-kucing ini akan menderita,” komentar netter lainnya.

“Mungkin terdengar seperti kita tidak mengurus urusan kita sendiri tetapi dia terkenal dan sekarang lebih banyak orang akan mencari jenis kucing ini dan menginginkannya sendiri, yang berarti pabrik-pabrik kucing akan mulai memproduksi lebih banyak jenis ini. Itu masalah, bukan? Saya tidak berpikir kritiknya tidak berdasar. Seulgi seharusnya menghapus foto-foto itu. Hal itu bukan masalah besar,” kata netter lain.

“Saya setuju dengan kritik ... orang-orang hanya meminta agar dia sebagai selebriti menahan diri untuk tidak memposting hal-hal ini karena perhatian bisa keluar dari kendali,” ujar netter lainnya.

Disisi lain, beberapa netizen membela Seulgi dan menyatakan bahwa dia tidak pantas mendapat kritikan tersebut.

"Orang-orang tampak konyol akhir-akhir ini. Mereka hanya kucing yang Seulgi sukai dan anggap lucu."

“Nah, apa yang harus kita lakukan dengan kucing-kucing yang sudah lahir? Biarkan mereka mati? Mereka sudah dilahirkan, bukankah mereka pantas mendapatkan cinta juga?

“Orang-orang terpicu oleh segala hal saat ini ... Saya memiliki dua kucing sendiri dan mereka semua kucing yang sama-sama menggemaskan baik mereka memiliki penyakit keturunan atau tidak. Apa yang memicu hal ini sehingga kalian semua merasa perlu mengkritik Seulgi? Dia sudah mengadopsi mereka jadi hanya berharap mereka baik-baik saja dan terus tumbuh,” sahut netter lain

TAGS:
Seulgi Red VelvetkritiknetizenIdol K-Pop

RELATED STORIES

Loading interface...