Potret Manis Persahabatan Wanita dengan Gajah yang Diselamatkannya
Foto: Bright Side
Viral

Potret Manis Persahabatan Wanita dengan Gajah yang Diselamatkannya

Jumat, 27 Des 2019 | 16:20 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Orang biasanya memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, burung, dan ikan. Akan tetapi, seorang wanita malah memilihara seekor bintang bertubuh besar dan biasa hidup di alam bebas.

Wanita bernama Roxy Danckwerts yang merupakan pendiri Wild Is Life, sebuah konservasi di Zimbabwe, merawat bayi gajah di rumahnya. Persahabatan antara keduanya ini berawal ketika ia sedang bekerja dan melihat seekor bayi gajah yang nampak kebingungan dan terpisah dari kawanannya. Bayi gajah tersebut juga berada dalam kondisi yang kurang baik serta hampir tenggelam di sungai, sementara kawanannya berhasil menyebrang.

Pertemuan antara Roxy dan bayi gajah itu terjadi di tepi Danau Kariba, Zimbabwe. Bayi gajah ini juga sempat kesulitan mencari kawanannya yang lain, karena sama sekali tidak ada gajah di sana.

Saat itu, bayi gajah tersebut baru berumur beberapa hari, lemah, ketakutan, dan terpisah dari keluarganya. Roxy pun kemudian memutuskan untuk merawat bayi gajah tersebut hingga kesehatannya pulih, namun ia tidak pernah tahu kalau mereka berdua akan bersahabat seperti sekarang.

image0

Dilansir dari Bright Side, bayi gajah ini diselamatkan pada Februari 2014 silam dan berat badannya hanya 56 kg, sangat rendah dibandingkan dengan gajah Afrika lainnya yang normalnya memiliki berat sekitar 90 – 100 kg. Selanjutnya, karena trauma yang dialaminya, beberapa minggu awal hidupnya yang sangat menantang, maka ini adalah sebuah keajaiban ia dapat bertahan hidup.

Roxy menghabiskan banyak waktunya dengan bayi gajah tersebut. Ia memberinya 18 liter susu formula setiap hari. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama, dan Roxy bahkan tidur dengannya. Oleh karena itu tidak heran jika mereka sekarang sangat dekat dan bayi gajah itu setia menemaninya kemanapun dia pergi.

Sekarang, bayi gajah bernama Moyo ini sudah berusia 5 tahun. Moyo telah menganggap Roxy sebagai sosok ibu yang tidak pernah dimilikinya.

Meskipun lebih banyak tempat untuk Moyo bermain di area penangkaran, namun dia lebih suka berada di rumah dibandingkan melakukan aktivitas di luar. Gajah ini sangat suka ke dapur untuk memakan kacang-kacangan, brownies, garam, dan sangat menyukai perlengkapan makan.

Moyo yang hampir tenggelam saat sedang menyebrangi sungai, membuatnya trauma dan takut untuk berenang. Akan tetapi, Roxy selalu bersamanya untuk membantu Moyo pulih dari traumanya. Setelah 15 bulan menjalani terapi, saat ini ia sudah berani untuk berenang.

Dan dengan kepedulian orang-orang yang ada di lembaga konservasi Zimbabwe, Moyo dan beberapa binatang lainnya bisa mendapatkan banyak cinta, sehingga bisa pulih dari trauma mereka.

TAGS:
gajah Afrikapersahabatanzimbabwekonservasi

RELATED STORIES

Loading interface...