PPKM Diperpanjang, Ganjil Genap Tetap Berlaku di Jakarta

Rusmanto

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

PPKM Diperpanjang, Ganjil Genap Tetap Berlaku di Jakarta
istimewa

Winnetnews.com -  Polisi memperpanjang sistem ganjil-genap di 3 ruas jalan Jakarta. Ganjil-genap diperpanjang menyusul diperpanjangnya PPKM level 3 di wilayah aglomerasi Jabodetabek.

"Iya diperpanjang seminggu ke depan karena level 3 ini masih berlanjut," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (6/9/2021).

Kebijakan ganjil-genap di Jakarta tetap akan berlaku di tiga lokasi. Lokasi itu mulai dari Sudirman, Thamrin, hingga Rasuna Said.

Namun, ada sedikit perbedaan dalam pengawasan ganjil-genap kali ini. Penjagaan tak lagi dilakukan di mulut kawasan, tetapi langsung di lokasi ganjil-genap.

"Mulai besok kami tidak lagi berjaga di mulut-mulut kawasan seperti yang saat ini kami laksanakan. Kami hanya menempatkan anggota di Bundaran Senayan, kemudian di Semanggi, kemudian di Bundaran Patung Kuda, dan kalau Rasuna Said kami pasang di Simpang Mampang di bawah layang kemudian di Jalan Imam Bonjol samping KPU," terang Sambodo.

Polda Metro Jaya juga mengurangi personel di kawasan lokasi ganjil-genap. Selain karena kesadaran masyarakat sudah semakin tinggi, personel dikurangi karena polisi harus berjaga di titik crowd free night.

Namun, Sambodo memastikan, meski anggotanya berkurang di lapangan, dia menyebut penindakan kepada pengendara pelanggar ganjil-genap akan tetap dilakukan.

"Plang rambu (ganjil-genap) tetap kami pasang. Jadi yang mencoba-coba untuk melawan kami akan lakukan penindakan dengan tilang melalui e-TLE atau secara manual," jelas Sambodo.

PPKM Level 3 Diperpanjang hingga 13 September

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1, 2, 3, dan 4 di Jawa-Bali. PPKM diputuskan untuk diperpanjang hingga 13 September 2021.

Ada sejumlah daerah yang mengalami penurunan level PPKM salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). DIY turun dari PPKM level 4 ke level 3. Sementara Bali masih tetap berada di level 4.

"DIY berhasil turun ke level 3. Sementara Bali kami perkirakan butuh waktu 1 minggu lagi untuk turun ke level 3 dari level 4 akibat perawatan pasien di rumah sakit yang masih tinggi," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers di YouTube Sekretariat Presiden, Senin (6/9/2021).

Luhut mengatakan saat ini kondisi COVID-19 di Indonesia terus mengalami perbaikan. Hal itu ditandai dengan semakin sedikitnya daerah yang mengalami penurunan level PPKM.

"Situasi COVID-19 di Jawa-Bali terus mengalami perbaikan yang cukup berarti. Hal itu ditandai semakin sedikitnya kota/kabupaten berada di level 4," ujar Luhut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "PPKM Level 3 Diperpanjang, Ganjil Genap Jakarta Dilanjutkan"
 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...