PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus, Berikut Aturan Lengkapnya!

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 3 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

PPKM Level 4 Diperpanjang hingga 2 Agustus, Berikut Aturan Lengkapnya!
Presiden Joko Widodo

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4  yang berlaku mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. 

Jokowi mengungkapkan penambahan kasus Covid-19 dan keterisian rumah sakit menunjukkan tren menurun di Jawa. Namun, ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap varian Delta yang disebut lebih mudah menular.

”Dengan memperhatikan aspek kesehatan, aspek ekonomi dan dinamika sosial masyarakat, saya memutuskan untuk memperpanjang pembatasan kegiatan masyarakat level 4 dari tanggal 26 Juli sampai 2 Agustus. Namun kita lakukan penyesuaian secara bertahap,” kata Presiden Jokowi, Minggu (25/7).

Berikut aturan lengkap PPKM Level 4 yang mulai berlaku 26 Juli hingga 2 Agustus 2021:

1. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan sehari-hari buka kapasitas maksimal 50 persen sampai pukul 15.00 sore di mana pengaturan lebih lanjut diatur oleh Pemda.

2. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemda.

3. Warung makan, pedagang kaki lima (PKL), lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 20.00 dan waktu maksimal makan untuk setiap pengunjung 20 menit. Luhut mengimbau agar pengunjung tidak banyak berkomunikasi saat makan.

4. Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa rental diperlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 50 persen dengan protokol ketat.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...