Presiden Sukarno Dan Syekh Yusuf Diberi Gelar Pahlawan Oleh Afrika Selatan
sumber foto : istimewa
News

Presiden Sukarno Dan Syekh Yusuf Diberi Gelar Pahlawan Oleh Afrika Selatan

Rabu, 8 Mar 2017 | 23:05 | Oky

Winnetnews.com - Afrika Selatan telah memberikan gelar pahlawan kepada dua orang tokoh dari Republik Indonesia. Kedua orang yang diberi gelar tersebut adalah Presiden pertama Sukarno dan Syekh Yusuf.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden ke-5 RI Megawati Sukarnoputri usai bertemu Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, di Kediaman Megawati di Jalan Tengku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (8/3/2017).

"Yang merupakan sebuah kehormatan dari negara Afrika Selatan adalah telah memberikan kepada dua orang Indonesia menjadi pahlawan negarannya, yaitu satu adalah Presiden pertama Soekarno dan satu lagi adalah Syekh Yusuf," kata Megawati.

Syekh Yusuf, kata Mega, adalah seorang pejuang dari Gowa, Sulawesi Selatan. Dia merupakan karena dianggap melawan Belanda saat itu. Syekh Yusuf lalu dibuang ke beberapa negara dan terakhir di Afrika Selatan.

Syekh Yusuf wafat di Afrika Selatan. Pengikut ajarannya kala itu tidak sedikit. Tanah kelahirannya dijadikan nama sebuah kampung di Afrika Selatan.

"Di sana ada kampung yang bernama Kampung Makassar," ujar Mega.

Bagi Mega, pertemuannya dengan petinggi Afrika Selatan bukan kali pertama berlangsung. Saat dirinya menjabat presiden, Mega sudah bertemu dengan Presiden Mandela.

Menurut Mega, pertemuan kali ini adalah untuk mempererat hubungan antarkedua negara. Mega berharap dari pertemuan kedua negara akan berlanjut kerja sama antarpemerintah kedua negara.

TAGS:
soekarnosyekh yusufMegawati

RELATED STORIES

Loading interface...