Prosesor untuk Apple Baru Sudah Mulai Diproduksi
ilustrasi
Gadget

Prosesor untuk Apple Baru Sudah Mulai Diproduksi

Kamis, 24 Mei 2018 | 08:51 | Dewanto R Parto

WinNetNews.com - TSMC, penyuplai komponen prosesor Apple, disebut sudah memulai produksi massal untuk prosesor iPhone yang terbaru.

Chip prosesor tersebut kemungkinan akan bernama A12, dan seharusnya menjadi prosesor pertama yang diproduksi dengan pabrikasi 7 nm untuk produk komersial. Teknologi ini sendiri sudah dikembangkan selama beberapa tahun ke belakang.

Teknologi 7 nm maksudnya adalah kepadatan transistor dalam sebuah chip. Dengan transistor yang lebih kecil, maka chip yang dihasilkan bisa lebih kecil, lebih kencang, dan lebih efisien. Saat ini, kepadatan transistor yang paling rapat ada pada Apple A11 Bionic dan Qualcomm Snapdragon 845 yang memakai pabrikasi 10 nm.

Tak mau kalah, Samsung pun mengumumkan kalau mereka akan mulai memproduksi chip 7 nm dengan skala besar pada 2019 mendatang. Samsung sebenarnya sempat berbagi dengan TSMC soal pembuatan chip prosesor iPhone, tepatnya pada chip A9 di iPhone 6S. Namun setelahnya TSMC menjadi partner ekslusif Apple dalam pembuatan chip tersebut.

Apple diperkirakan akan meluncurkan tiga iPhone anyar pada musim gugur mendatang, yaitu sebuah iPhone X versi baru, sebuah iPhone versi Plus, dan iPhone versi murah dengan layar 6,1 inch, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (24/5/2018). (detikcom)

TAGS:
TSMCTeknologi 7 nmA12

RELATED STORIES

Loading interface...