PT MRT Jakarta Mulai Mengoperasikan Mesin Bor Antareja II
Nasional

PT MRT Jakarta Mulai Mengoperasikan Mesin Bor Antareja II

Rabu, 11 Nov 2015 | 13:24 | kontributor

WinNetNews.com - Proyek MRT tahap II mulai dikerjakan oleh PT MRT Jakarta, Rabu (11/11/15). Mesin bor yang diberi nama Antareja II ini mulai beroperasi dari titik Patung Pemuda Senayan. Mesin ini merupakan mesin bor kedua yang dioperasikan dari total 4 mesin yang rencananya akan dioperasikan dalam konstruksi proyek MRT Jakarta fase I.

Mesin bor Antareja dan Antareja II dioperasikan oleh kontraktor paket pekerjaan CP 104 dab CP 105 (Senayan-Setiabudi), yakni SOWJ Joint Venture yang terdiri dari Shimizu – Obayashi -Wijaya Karya - Jaya Konstruksi.

Mesin bor ini diproduksi oleh perusahaan Jepang bernama Japan Tunnel Systems Corporation (JTSC) menggunakan teknologi Earth Pressure Balance (EPB) pertama di Indonesia.

Kedua mesin bor yang telah dioperasikan itu memiliki spesifikasi yang sama, dengan diameter sekitar 6,7 meter dan total panjang sekitar 43 meter serta bobot sekitar 323 ton, mulai dari bagian kepala ( cutterhead ) hingga bagian akhir ( backup cars ).

Mesin bor ini mampu mengebor terowongan jalur bawah tanah MRT dengan kecepatan ± 8 meter per hari. Diperkirakan masa pengerjaan konstruksi jalur terowongan bawah tanah berlangsung hingga Desember 2016.

Sementara itu, mesin bor pertama (Antareja) telah mulai beroperasi sejak September lalu dan saat ini panjang konstruksi terowongan bawah tanah telah mencapai lebih dari 250 meter.

image0

Mesin Bor Antareja (Sonora)

Penyelesaian proyek MRT Jakarta koridor Selatan-Utara fase I dengan jalur Lebak Bulus-Bundaran HI ini telah rampung 34 persen. Dengan rincian secara garis besar, untuk pekerjaan proyek pada struktur layang telah menyelesaikan 21 persen dan struktur bawah tanah sebesar 47 persen (data per 31 Oktober 2015).

Secara umum, pekerjaan konstruksi yang tengah dilakukan saat ini antara lain pekerjaan pembuatan pondasi kolom jalur dan stasiun layang, pekerjaan pembangunan struktur boks stasiun bawah tanah, pekerjaan pembuatan terowongan jalur bawah tanah, dan pekerjaan konstruksi depo MRT.

TAGS:
mrtantarejaantareja II

RELATED STORIES

Loading interface...