Qatar Menyesal Adanya Pemutusan Hubungan Diplomatik dengan Negara GCC

Fellyanda Suci Agiesta

Dipublikasikan 4 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Qatar Menyesal Adanya Pemutusan Hubungan Diplomatik dengan Negara GCC
Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan Arab Saudi, Bahrain, Mesir, dan Uni Emirate Arab kepada Qatar membuat banyak efek sangat besar pada dunia. Termasuk harga b=minyak dunia yang langsung naik drastis.

Qatar menyatakan "penyesalan dan terkejut" atas keputusan tersebut, dan mengatakan bahwa hal tersebut tidak akan mundur dengan langkah yang sama, sebuah pernyataan kabinet yang dipublikasikan di kantor berita Qatar News Agency.

Dikatakan akan tetap berkomitmen untuk "melestarikan dan melindungi keamanan dan stabilitas" negara-negara GCC (Gulf Cooperation Council). Ketegangan antara Qatar dan anggota GCC lainnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Pengumuman hari Rabu adalah tanda yang paling jelas mengenai adanya keretakan antara negara-negara Arab dan Qatar, yang merupakan pendukung kelompok-kelompok Islam seperti Persaudaraan Muslim di Mesir, dan tempat lain di Timur Tengah yang dipandang dengan kecurigaan atau permusuhan oleh beberapa sesama GCC Anggota. Qatar mencela penggulingan Presiden Mesir Mohamed Morsy tahun lalu, yang berasal dari Ikhwan.

GCC, dibentuk pada tahun 1981, terdiri dari Arab Saudi, Qatar, Kuwait, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Oman.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...