Rangking 60, Indonesia Jadi Paspor Terkuat di Dunia

Nadia Chevina

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Rangking 60, Indonesia Jadi Paspor Terkuat di Dunia
WinNetNews.com - Paspor memiliki fungsi untuk perjalanan ke luar negeri. Tetapi, paspor paling kuat dimiliki Inggris dan Amerika Serikat. Bagaimana dengan Indonesia?

Penilaian paspor terkuat didasarkan pada jumlah negara yang bisa dikunjungi dengan gratis alias bebas visa.

Di urutan pertama adalah paspor Inggris dan Amerika Serikat. Pemegang paspor dari kedua negara tersebut dapat masuk ke 147 negara lainnya tanpa membayar visa. Sementara di urutan kedua adalah Korea Selatan, Jerman dan Prancis yang masing-masing mendapatkan bebas visa ke 145 negara. Di peringkat tiga ada paspor Italia dan Swedia yang memungkinkan warga negaranya bebas masuk ke 144 negara.

Paspor Asia, khususnya Singapura dan Jepang berada di urutan keempat terkuat dunia. Kedua negara tersebut memiliki jumlah negara bebas visa yang sama dengan Finlandia, Denmark, Luxemburg dan Belanda.

Sementara itu, posisi paspor Indonesia berada di peringkat ke-60. Pemegang paspor Indonesia saat ini baru bisa menikmati bebas visa ke 57 negara di dunia. Peringkat paspor Indonesia berada jauh di bawah Malaysia yang ada di peringkat ketujuh dengan 140 negara destinasi bebas visa.

Begitu pun dengan Brunei Darussalam yang berada di peringkat 18 dengan 125 negara pemberi kebijakan bebas visa.

Sementara paspor Thailand unggul lima peringkat dari Indonesia, yakni di urutan 55 bersama Fiji dengan memiliki akses ke 63 negara. Indonesia berada di urutan ke-60 bersama Uganda, Papua Nugini, Suriname dan Senegal.

Kekuatan paspor Indonesia berada di atas Pantai Gading, Bolivia, Armenia, Oman, Zimbabwe, Mesir, Korea Utara dan beberapa negara lainnya.

Dilansir dari laman okezone

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...