Ratusan Turis Asal China Tiba di Sumbar, Gubernur Turun Langsung untuk Menyambut
Foto: Langgam.id
News

Ratusan Turis Asal China Tiba di Sumbar, Gubernur Turun Langsung untuk Menyambut

Minggu, 26 Jan 2020 | 12:01 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Sejumlah turis asal Kunming China, diketahui telah tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Padang Pariaman pada Minggu (26/01) pukul 06.45 WIB. Kedatangan 150 turis ini diketahui akan melakukan wisata selama lima hari di Sumatera Barat.

Dilansir dari Tempo.co, kedatangan para turis ini disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, serta Sekertaris Daerah Sumatera Barat Alwis. Saat tiba di bandara para turis pun melakukan pengecekan kesehatan dan suhu tubuh di bagian imigrasi.

PT Marawa Corporate yang bekerjasama dengan Coco's Tour, biro perjalanan para turis, menjamin kalau wisatwan yang datang ini tidak terjangkit virus corona. Darmawi, mewakili PT Marwa Corporate mengatakan kalau para turis ini terbang langsung dari Kunming, Provinsi Yunan yang ada di pegunungan China selama empat jam.

Menurutnya, lokasi tersebut cukup jauh dari daerah Wuhan yang berjarak sekitar 19 jam. Selain itu, sebelum melakukan penerbangan mereka juga telah melakukan pemeriksaan di bandara Kunming.

Selain itu ketika sampai di Bandara Internasional Minangkabau, para turis juga sudah melewati beberapa pemeriksaan ketat. Seperti pengecekan suhu dengan menggunakan alat thermo scanner yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Kota Padang.

Perwakilan Coco's Tour Indoensia, Erwin Xandra mengatakan kalau kedatangan tamu mengalami pengurangan, yang mulanya 168 menjadi 150 orang. Selain itu, penerbangan mereka juga terlambat satu jam dari jadwal sebelumnya.

"Melewati screening dulu setelah proses imigrasi dan bea cukai lalu keluar. Tour hari ini berkunjung ke kota Pariaman, kita sudah koordinasi dengan Pemerintah Kota Pariaman. Ada tiga tempat yang dikunjungi, Pantai Gondoria, Sekolah Baruak, dan Rumah Tabuik," kata Erwin seperti dikutip dari Kumparan.

"Jadi memang tamu kita ini datang saat isu virus Corona, tapi kalau mau berangkat dari bandara internasional manapun tentu ada pihak KKP yang mengecek kesehatan. Sehingga tamu kita ini dipastikan sehat secara fisik untuk wisata. KKP kita di sini juga telah memeriksa, ada dua alatnya," tambahnya.

Kepala KKP Kelas II Padang, Jalil Alfani menjelaskan kalau para turis ini sudah menjalani pemeriksaan menggunakan thermo scanner. Dari hasil pemeriksaan tersebut, wisatawan ini kondisi suhu tubuhnya masih dalam kategori normal.

TAGS:
virus coronaChinaBandara Minangkabausumatera Barat

RELATED STORIES

Loading interface...