Rawat Kulit dengan Serum Ada Kelebihan dan Kekurangannya, Yuk Kenali Lebih Dalam
Fashion & Beauty

Rawat Kulit dengan Serum Ada Kelebihan dan Kekurangannya, Yuk Kenali Lebih Dalam

Minggu, 1 Des 2019 | 15:28 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Serum menjadi salah satu skin care yang cukup digemari para wanita. Hal ini karena salah satu keunggulan serum adalah teksturnya yang lebih cepat meresap ke dalam kulit. Serum merupakan skin care yang diaplikasikan pada kulit setelah dibersihkan. Tidak seperti pelembab, serum mengandung bahan dasar aktif yang larut dalam lemak sehingga dapat menembus ke dalam epidermis kulit.

Melalui proses itu, serum dapat memberikan konsentrat sesuai dengan target permasalahan khusus kulit. Misalnya ingin membuat wajah tampak lebih cerah maka konsentrat Vitamin C dalam serum akan sedikit lebih tinggi. Tidak hanya mencerahkan wajah saja serum dapat merawat kulit yang keriput, kering, hingga jerawat.

“Tekstur serum yang dan mengandung bahan aktif konsentrat memang membuatnya jadi mudah diserap kulit,” ucap dr. Prida Ayudianti SpKK yang berpraktik di Erha Clinic, seperti dikutip dari Kumparan.

Karena serum memiliki dosis konsentrat yang efektif, seringkali perawatan kulit yang satu ini dibanderol dengan harga yang mahal. Namun hasilnya dapat sesuai seperti yang diinginkan karena kandungannya sangat mudah menyerap pada kulit.

Dalam pemakaian skin care jenis apapun termasuk serum, harus diperhatikan cara penggunaannya agar bisa memberikan hasil yang maksimal pula. Setelah wajah dibersihkan, gunakan serum seukuran kacang polong, pijatkan produk dengan lembut ke wajah beberapa menit. Setelah itu Anda bisa mengaplikasikan makeup, pelembap, atau sunscreen.

Saking berpengaruh terhadap perawatan kulit, banyak sekali produk serum yang tersedia sesuai dengan kandungan yang dibutuhkan kulit. Seperti Vitamin C, retinol, dan asam salisilat menjadi pilihan bagi yang memiliki kulit cenderung berjerawat. Sebab ini akan membantu mengurangi peradangan sebagai antioksidan dan pori-pori tersumbat.

Meski begitu, dr. Prida menyarankan untuk berhati-hati memakai serum bagi yang memiliki kulit sensitif. Perhatikan pula kandungannya dan sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada spesialis.

“Namun harus hati-hati pada kulit sensitif bisa timbul rasa terbakar dan iritasi. Jenis kulit acne prone bisa memicu beruntusan,” kata dr. Prida.

Biasanya untuk kulit kering dibutuhkan serum yang mengandung Vitamin E, asam glikolat dan asam hyaluronat untuk kelembapan ekstra, pengelupasan kulit yang lembut, dan elastisitas. Sementara untuk kulit cerah dan halus kandung ekstrak teh hijau dan asam ferulic dapat menjadi pilihan serum yang tepat untuk rutinitas skin care Anda. [kpr]

 

TAGS:
Serummerawat kulitskin care

RELATED STORIES

Loading interface...