Resep Membuat Roti Canai, Praktis dan Enak
Roti Canai bertabur parutan keju. Foto: Istimewa
Kuliner

Resep Membuat Roti Canai, Praktis dan Enak

Jumat, 16 Des 2016 | 17:27 | kontributor

WinNetNews.com - Roti Canai merupakan roti berbentuk pipih yang berasal dari daerah Indina. Meskipun begitu, roti Canai juga bisa dijumpai di Indonesia maupun Malaysia. Di Indonesia, roti Canai biasanya banyak terdapat di rumah makan yang berada di Aceh.

Roti Canai disebut juga dengan roti Maryam. Roti ini memiliki keunikan yakni terbentuk dari lapisan-lapisan tepung yang tidak bersatu. Rasa dari roti Canai ini agak gurih, karena terbuat dari campuran lemak serta tepung.

Banyak juga yang bilang kalau roti Canai atau roti Maryam ini dibawa oleh pedagang Arab ke Indonesia. Ketika itu roti Canai menjadi konsumsi utama makanan sehari-hari mereka. Cara memakan roti canai biasanya ditaburi gula atau madu.

Bagi kamu yang hobi masak, membuat roti canai sendiri di rumah ternyata tidak terlalu sulit. Berikut ini resep yang bisa kamu coba.

Untuk membuat roti canai kamu harus mempersiapkan bahan-bahan berikut ini:

  1. Tepung terigu 300 gr
  2. Telur Ayam 1 butir
  3. Minyak Goreng/minyak sayur 50 ml
  4. air yang hangat 150 ml
  5. Susu bubuk 1 sendok teh
  6. Gula putih bubuk 1 sendok teh
  7. Garam 1/2 sendok teh
  8. Margarine sesuai selera (secukupnya)
  9. Minyak Goreng secukupnya yang digunakan untuk merendam adonan

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia, kamu harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, campur air hangat, telur, dan minyak goreng. Kemudian kocok adonan hingga menjadi rata.
  • Langkah kedua, masukan tepung terigu, gula bubuk, garam, serta susu bubuk. Kemudian uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket. Adonan juga perlu dibanting-banting supaya hasilnya lebih maksimal.
  • Langkah ketiga, setelah adonan dirasa sudah cukup kalis, adonan dibuat bulat-bulat, disarankan seukuran bola pimpong. Kemudian adonan yang sudah berbentuk bola bisa direndam dengan menggunkanan minyak goreng atau minyak sayur.
  • Langkah keempat, tutup adonan bola-bola dengan kain bersih kemudian diamkan selama 1 hingga 2 jam.
  • langkah kelima, setelah 2 jam adonan direndam, pipihkan adonan hingga tipis dan pastikan kalau adonan tidak robek. Setelah itu oleskan adonan dengan mentega.
  • Langkah keenam, kamu bisa menggulung adonan kemudian tarik adonan hingga panjang. Setelah itu gulung adonan dengan arah yang berlawanan sampai berbentuk menyerupai huruf s. Kemudian kamu harus tumpuk adonan hingga menjadi satu dan pipihkan adonan hingga lebar.
  • Langkah ketuju, kamu bisa melebarkan adonan sambil ditarik-tarik supaya bentuk adonan semakin pipih.
  • Langkah kedelapan, siapkan teflon yang sudah dipanaskan tanpa minyak. Kemudian panggang hingga warnanya berubah kecoklatan, lalu angkat roti canai.

Kemudian, angkat dan tiriskan roti canai. Setelah kering sajikan bersama susu kental manis atau keju parut. Bisa juga dengan es krim, kuah kari, dan selai sesuka hati sesuai dengan selera kamu. Selamat mencoba ya Sist & Bro!

TAGS:
reseproti canairoti maryamroti indiaRoti Arabroti Acehmasak

RELATED STORIES

Loading interface...