Resmi Jadi Ketua DPR, Puan Maharani: DPR Tidak Akan Buat Banyak UU
Puan Maharani (foto: Jawa Pos)
Politik

Resmi Jadi Ketua DPR, Puan Maharani: DPR Tidak Akan Buat Banyak UU

Rabu, 2 Okt 2019 | 09:22 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Pasca dilantik menjadi Ketua DPR periode 2019-2024, Puan Maharani menegaskan bahwa DPR tidak akan membuat banyak rancangan produk undang-undang. Menurutnya, DPR akan lebih fokus pada pembuatan peraturan yang menjadi prioritas dan kebutuhan masyarakat.

“Harapan saya DPR ke depan itu tidak perlu membuat produk UU yang terlampau banyak. Kita fokus saja pada UU yang menjadi prioritas yang berguna untuk bangsa dan negara,” ungkap Puan, dikutip dari CNN Indonesia, Rabu (02/09).

Puan menjelaskan jika DPR akan memfokuskan kinerja pada penegsahan RUU PKS yang hingga saat ini masih belum disahkan oleh DPR. Banyak masyarakat yang sudah menunggu pengesahan RUU ini.

“Tentu saja ini akan menjadi prioritas Prolegnas ke depan, namun harus dengan mekanisme dan tata cara yang kita lakukan dalam tata tertib yang akan datang,” kata Puan di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta.

Puan berencana untuk menggelar rapat internal dengan empat pimpinan DPR lainnya. Selepas itu, baru dia akan menganalisis sudah sejauh mana pembahasan RUU PKS yang bergulir di periode 2014-2019.

“Saya akan melihat terlebih dahulu bagaimana pelaksanaan UU yang ditunda dan nantinya akan kita bahas dalam tata tertib,” jelasnya kemudian.

Tidak berhenti sampai di situ. Puan juga merencanakan untuk membawa kembali pembahasan delapan RUU yang dilanjutkan dari periode 2014-2019. Delapan RUU itu meliputi RUU Pertahanan, RUU Permasyarakatan, RKUHP, RUU Koperasi, RUU Minerba, RUU Ketenagakerjaan, RUU PKS, dan RUU Pengawasan Obat dan Makanan.

“Pokoknya delapan RUU itu akan kami menjadi prioritas Prolegnas ke depannya denga tata cara dan tata tertib yang juga sedang kami diskusikan,” pungkasnya.

TAGS:
Puan Maharanianggota DPRanggota DPR resmi dilantik

RELATED STORIES

Loading interface...