Resmi Tersangka, Randall Cafferty Dituntut dengan 5 Pasal Berlapis
Nasional

Resmi Tersangka, Randall Cafferty Dituntut dengan 5 Pasal Berlapis

Kamis, 14 Jan 2016 | 10:45 | kontri
WinNetNews.com -  Setelah melakukan gelar perkara, penyidik Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya akhirnya meningkatkan status Randall Cafferty dalam dugaan malpraktik Chiropractic Firts. Cafferty ditetapkan sebagai tersangka atas kematian Allya Siska Nadya (33).

"Hasil gelar perkara telah dimatangkan terkait dengan hasil autopsi yang telah dilakukan dokter forensik Polda Metro Jaya kemarin pagi dengan kesimpulan gelar kami menetapkan saudara Randall Cafferty sebagai tersangka," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Krishna Murti, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Polisi mempersangkakan Cafferty dengan 6 undang-undang sebagai berikut:

Pasal 122 huruf a UU No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan pidana denda paling banyak Rp 500 juta.

"Setiap orang asing yang dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya. Yang bersangkutan kalau enggak salah visanya adalah kunjungan bisnis tapi melakukan praktek kedokteran," kata Krishna.

Pasal 191 UU No 36 tahun 2009 tentang Kesehatan yang berbunyi setiap orang yang tanpa izin melakukan praktek pelayanan kesehatan tradisional yang menggunakan alat dan teknologi sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 60 ayat 1 sehingga mengakibatkan kerugian harta benda, luka berat atau kematian dipidana paling lama penjara 1 tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta.

Pasal 83 dan pasal 84 ayat 2 tahun UU no 36 tahun 2014 pada ayat 1 tersebut tentang Tenaga Kesehatan yang berbunyi setiap orang yang bukan tenaga kesehatan mengakibatkan kematian dipidana paling lama 6 tahun

Pasal 77 tentang praktek kedokteran ancamannya lima tahun dikaitkan dengan pasal 73 ayat 2 UU yang sama dalam memberi pelayanan masyarakat seolah-olah dokter melanggar perizinan KUHP dan dari semua pasal itu diakumulasikan barang siapa karena kesalahannya menyebabkan kematian selama-lamanya lima tahun.

(dilansir dari detik)

TAGS:
malpraktikChiropracticterapi malpraktikRandall CaffertyResmi Tersangka Randall Cafferty Dituntut dengan 5 Pasal Berlapis

RELATED STORIES

Loading interface...