Resmikan Kebijakan Baru, Instagram Lakukan Pembatasan Umur
Ilustrasi, Unsplash
Technology

Resmikan Kebijakan Baru, Instagram Lakukan Pembatasan Umur

Kamis, 5 Des 2019 | 16:41 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Instagram secara resmi melakukan pembatasan usia pengguna, yang setidaknya harus berusia 13 tahun. Hal ini dilakukan untuk menanggapi beberapa kabar yang mengatakan kalau Instagram bukanlah tempat yang aman bagi anak remaja.

Dilansir dari CNN Indonesia, Facebook melakukan pembatasan pada usia pengguna Instagram sesuai dengan kebijakan peraturan Amerika Serikat dalam menggunakan media sosial. Di mana, pengguna minimal harus berusia 13 tahun.

“Mendata informasi pembuat akun mencegah orang di bawah umur untuk bergabung dengan Instagram, membantu kami (Instagram) menjaga anak-anak lebih aman dan nantinya hanya orang-orang yang usianya pantas menggunakan Instagram,” ujar pihak Instagram.

Pihak Instagram mengkalim kalau langkah ini dilakukan untuk menciptakan “pengalaman yang sesuai usia dan lebih aman” dalam bermedia sosial. Nantinya, usia pengguna Instagram hanya akan bisa dilihat oleh pemilik akun, karena berada di bagian informasi pribadi akun mereka.

image0

Jika pengguna Instagram menghubungkan akunnya dengan Facebook, maka usia dan tanggal lahir yang ada di Instagram akan sesuai dengan yang ada di Facebook.

“Informasi ini bukan informasi umum dan hanya pengguna yang dapat melihatnya ketika melihat informasi pribadi akun mereka di Instagram,” jelas perusahaan tersebut.

Kalau pengguna mengedit tanggal lahir di Facebook, maka tanggal lahir yang ada di Instagram pun juga akan ikut berubah. Akan tetapi, jika tidak menghubungkan ke Facebook, pengguna dapat menambahkan tanggal lahir langsung melalui Instagram.

Cara ini dapat mendeteksi orang-orang yang memberikan informasi palsu, yang selama ini sering terjadi dan menjadi masalah di media sosial.

TAGS:
Instagrambatasi usiaMedia Sosial

RELATED STORIES

Loading interface...