Respon KPK Tak Dilibatkan dalam Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf
Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif. [Foto: Jarrak.id]
Politik

Respon KPK Tak Dilibatkan dalam Susunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Senin, 14 Okt 2019 | 15:13 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku jika tak dilibatkan dalam proses penyusunan Kabinet Kerja Jilid II yang menurut Presiden Jokowi sudah rampung. Hal itu dikatakan Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif di Gedung Anti-Corruption Learning Cente (ACLC), Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Senin (14/10).

“Kita berharap bahwa yang ditunjuk oleh presiden adalah orang-orang yang mempunyai track record yang bagus," kata Laode seperti dilansir Detikcom.

Di sisi lain Syarif memahami bila pemilihan kabinet adalah hak prerogatif presiden. Posisi KPK disebut Syarif lebih fleksibel, tergantung permintaan dari Jokowi sebagai presiden.

"Bila dimintai (masukan), kita akan berikan masukan. Kalau tidak, tidak apa-apa. Bahwa itu saja kita berharap bahwa beliau cukup paham untuk mengetahui mana calon menteri yang mempunyai rekam jejak yang baik atau tidak," imbuh Syarif.

Syarif menyampaikan bila KPK tidak berkecil hati. Menteri-menteri pilihan Jokowi diharapkan benar-benar dari kalangan yang integritasnya terjaga.

"Kita berharap bahwa (Jokowi) memilih yang betul-betul bersih, integritas yang baik, dan profesional di bidangnya yang dia akan kerjakan," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa Presiden Jokowi mengaku sudah rampung menyusun nama para menteri di Kabinet Kerja Jilid II.

"Sudah (rampung menyusun kabinet)," kata Jokowi sebagaimana ditayangkan dalam video akun YouTube Sekretariat Presiden.

TAGS:
KPKPresiden JokowisusunanKabinet Kerja Jilid II

RELATED STORIES

Loading interface...