Ribuan Lumba-Lumba Muncul di Perairan Bali Utara, Pertanda Bencana Besar?
News

Ribuan Lumba-Lumba Muncul di Perairan Bali Utara, Pertanda Bencana Besar?

Jumat, 19 Jul 2019 | 08:36 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Kawanan lumba-lumba dalam jumlah besar, muncul di perairan utara Bali pada Kamis (18/7/2019). Lumba-lumba tersebut teramati berada di sekitar Pantai Lovina, Buleleng, Bali.

Biasanya, kemunculan sesuatu yang tidak biasa selalu dikaitkan akan pertanda macam-macam. Orang bakal menganggapnya sebagai semacam peringatan dini akan datangnya bencana. Contohnya seperti yang pernah terjadi, gempa berkekuatan 7,4 skala Richter di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, pada 2009 silam.

Saat itu, sekitar 12 jam sebelum gempa besar terjadi, sebanyak 250 lumba-lumba bermigrasi dari Talaud ke sekitar daratan Filipina di utara Pulau Sulawesi.

Apakah fenomena kemunculan lumba-lumba di Bali kali ini mengantarkan pertanda serupa?

Dilansir Kompas (19/7/2019), Pemandu wisata asal Lovina memberikan keterangan terkait kehadiran lumba-lumba yang terbilang sangat banyak tersebut. Ia mengatakan, perairan tersebut memang sering didatangi lumba-lumba. Namun, kemunculan kali ini memang tidak seperti biasanya, bahkan diperkirakan mencapai ribuan.

“Kadang muncul kadang tidak, tadi itu memang banyak sekali,” kata Putra.

Putra mengatakan, lumba-lumba ini terlihat di titik sekitar 4 kilometer dari garis pantai. “Munculnya sekitar pukul 06.00 sampai 10.00 tadi pagi,” lanjutnya.

Lumba-lumba ini, jelas Putra, biasanya muncul tergantung pasokan makanan alami yang tersedia di area tersebut. Jika pasokan makanan banyak, seperti ikan kembung dan sebagainya, lumba-lumba yang muncul semakin banyak.

TAGS:
lumba-lumbaBalibencanagempa

RELATED STORIES

Loading interface...