Ribuan Orang Positif Covid-19 Masuk RI Meski Sudah Bawa Surat Negatif

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 12 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Ribuan Orang Positif Covid-19 Masuk RI Meski Sudah Bawa Surat Negatif
Menkes Budi Gunadi Sadikin

Winnetnews.com -  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan ribuan orang masuk ke Indonesia membawa surat negatif Covid-19, namun setelah dites menunjukkan hasil positif.

Budi menjelaskan setiap orang yang masuk Indonesia lewat bandara akan melewati 2 tes. Pertama, saat tiba di RI (entry test) lalu tes kedua setelah menjalani karantina (exit test).

"Betapa pentingnya tes entry dan tes exit, karena setelah tes entry dari 100 orang yang dites ada 1,1 persen orang yang positif. Tapi 100 orang dikarantina, ternyata begitu kita (tes) exit 2,4 persen, di luar 1,1 persen tetap juga positif," kata Budi saat rapat bersama Komisi IX DPR RI, Senin (13/9).

Berdasarkan data Kemenkes, tercatat ada 1.636 orang positif Covid-19 masuk Indonesia meski membawa surat hasil tes negatif.

Menkes memastikan setiap orang yang masuk Indonesia lewat bandara wajib menyertakan surat keterangan negatif Covid-19.Tetapi, setelah itu akun kembali dilakukan pengecekkan.

"Khususnya untuk penerbangan, penerbangan lumayan ketat dari negara asal kita minta ada PCR test. Tapi tetap ketika begitu tiba kita tes, tinggi sekali positivity rate-nya," kata Menkes Budi dalam rapat.

"Yang paling tinggi adalah dari Arab Saudi, Malaysia, dan Uni Emirat Arab. Jadi kita nggak tahu juga apakah hasil PCR yang di sana memang berkualitas atau tidak dari tiga negara ini," sambungnya.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...