Ridwal Kamil: Kasus Corona di Indonesia Sebenarnya Jauh Lebih Banyak
Foto: Kompas.com
News

Ridwal Kamil: Kasus Corona di Indonesia Sebenarnya Jauh Lebih Banyak

Jumat, 3 Apr 2020 | 16:44 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  mengungkapkan, menurutnya jumlah kasus corona di Indonesia sebenarnya sudah banyak, bahkan berkali lipat dari jumlah pasien positif yang telah diumumkan. Oleh karenanya, gubernur yang akrab disapa Emil ini meminta pemerintah pusat segera bertindak cepat untuk melakukan tes ke seluruh masyarakat di Indonesia.

Ia menyampaikan hal itu saat melakukan teleconference dengan Wapres Ma'ruf Amin, yang disiarkan secara live di YouTube Sekretariat Negara, Jumat (3/4/). Emil meyakini banyak warga terpapar virus corona setelah menyampaikan adanya 677 warga Jabar terindikasi Covid-19 usai melakukan rapid test.

"Terdapat 677 positif, Pak. Jadi kesimpulannya, semakin kita banyak mengetes, Pak Wapres, semakin kita tahu virus ini sedang beredar di mana saja. Maka mohon maaf, Pak Wapres, sebenarnya kasus kita berlipat-lipat, Pak, menurut saya. Tapi karena kecepatan mengetes nggak sebanyak kita harapkan, data-data itu datang selalu sedikit. Tapi saya meyakini sebenarnya berlipat-lipat," kata dia.

Karena itu, ia  kemudian meminta pemerintah pusat untuk menyiapkan strategi dalam menghadapi corona agar tidak semakin meluas. Dia juga bicara mengenai kemungkinan warga provinsi lain terpapar corona tapi tidak terdeteksi lantaran tak adanya tes masif seperti hal yang dilakukan Pemprov Jabar.

"Jadi kesimpulan pertama, saya berharap strategi memperbesar pengetesan ini harus jadi strategi nomor satu hari ini, Pak. Kami tidak yakin, provinsi lain terlihat kecil-kecil, sebenarnya menurut pandangan saya, karena mereka belum lakukan rapid test besar-besaran, Pak. Saya meyakini, kalau sudah tes besar-besaran, kelihatannya akan ditemukan seperti Jabar temukan," jelasnya.

"Problem-nya adalah tadi, Pak, alat tes tidak memadai, bahkan swab test saja jumlah terbatas. Jadi, kalau Bapak bisa sampaikan, mari kita perbanyak tempat tes PCR seperti dilakukan Korsel," sambungnya.

Mendengar laporan tersebut, Wapres Ma'ruf  Amin mengatakan saat ini pemerintah pusat tengah menyiapkan strategi untuk mencegah penyebaran corona. Ia menambahkan pemerintah pusat juga sedang mencari strategi terbaik untuk memerangi corona.

"Saya ingin terus gambaran strategi-edukasi yang masih menghambat penyebaran ini. Ini barangkali menjadi tantangan besar dan kita sedang cari strategi yang tepat. Makanya saya cari dari gubernur. Sebab, kalau tidak, kita khawatirkan penyebarannya makin masif," jelas Ma'ruf.

TAGS:
Ridwan KamilMa'ruf AminJawa BaratCOVID-19

RELATED STORIES

Loading interface...