'River Where The Moon Rises' Sempat Dikritik Soal Huruf Mandarin, Respon Cepat Tim Produksi Panen Pujian Netizen
Foto: KBS
Celebrity

'River Where The Moon Rises' Sempat Dikritik Soal Huruf Mandarin, Respon Cepat Tim Produksi Panen Pujian Netizen

Kamis, 8 Apr 2021 | 14:25 | Nisa Diniah

Winnetnews.com -  Drama KBS "River Where The Moon Rises" kembali diterpa kontroversi baru. Kali ini terkait penggunaan huruf China yang disederhanakan di salah satu adegannya.

Netizen Korea kecewa dengan adegan yang memperlihatkan sebuah gulungan, yang ternyata adalah huruf China sederhana. Karakter China yang disederhanakan tidak dipromosikan atau digunakan hingga tahun 1950-an oleh China.

Alur cerita "River Where The Moon Rises" sendiri berlatar waktu Goguryeo di Korea Selatan, yang memiliki makna sejarah. Karena itu, netizen Korea kecewa karena adanya ketidakakuratan historis huruf-huruf mandarin.

image0

Menanggapi kritikan publik, KBS dan tim produksi drama langsung bertindak cepat. Mereka memastikan akan menghapus adegan tersebut untuk tayangan ulang dan menyampaikan permintaan maaf.

“Ada kesalahan dalam hanja (karakter China Tradisional). Tim produksi tidak mengetahui kesalahan ini. Kami meminta maaf kepada penonton," kata perwakilan KBS.

Masyarakat Korea Selatan semakin sensitif terkait masalah budaya dan ketidakakuratan sejarah. Hal ini menyusul ketegangan yang terjadi antara Korea Selatan dan China. Hal ini terkait klaim China atas budaya Korea Selatan seperti hanbok, kimchi, bendera Korea dan lainnya.

Sebelumnya, drama "Joseon Exorcist" harus dibatalkan penayangannya karena kontroversi distorsi sejarah dan penggunaan properti bergaya China. Drama tersebut dibatalkan setelah hanya menayangkan dua episode saja.

Sontak, tindakan cepat tim produksi drama menuai banyak pujian netizen Korea.

"Oh, tanggapannya cepat," kata netizen dikutip Theqoo.

"Wow, tim produksi telah memberi tanggapan yang baik sejak terakhir kali," tutur netter lain.

"Wow, tanggapannya sangat cepat," tambah netter lain.

"River Where The Moon Rises benar-benar luar biasa ... Umpan baliknya bagus," sambung nette lain.

"Wah, itu umpan balik yang bagus. Terbaik," puji netter lain.

"Umpan baliknya sangat bagus," komentar yang lainnya. 

TAGS:
River Where the Moon RisesKontroversi Drama Korea

RELATED STORIES

Loading interface...