Roti Gandum Lebih Sehat Dibandingkan Roti Tepung?
ilustrasi
Kesehatan

Roti Gandum Lebih Sehat Dibandingkan Roti Tepung?

Jumat, 8 Nov 2019 | 12:53 | Rusmanto
Winnetnews.com - Jika dibandingkan dengan roti biasa, popularitas roti gandum masih kalah. Roti ini lebih dikenal sebagai roti untuk diet. Padahal, dalam realitanya roti gandum cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja karena jauh lebih sehat jika dibandingkan dengan roti tepung yang biasa kita konsumsi.

Alasan Memilih Roti Gandum

Pakar kesehatan menyebut roti gandum terbuat dari biji-bijian gandum. Sementara itu, roti putih biasanya dibuat dari biji olahan yang memiliki kandungan serat yang rendah. Selain itu roti dengan bahan gandum juga tidak memiliki kandungan ragi yang banyak sehingga cenderung tidak mudah mengembang. Bahkan, roti ini juga cenderung tidak bisa bertahan dalam waktu yang lama, tepatnya sekitar dua hari saja.

Roti gandum teksturnya juga cenderung tidak selembut roti putih, namun roti ini lebih tinggi kandungan mikronutrien seperti niasin, riboflavin, asam folat, vitamin, asam pantonetat, karbohidrat, serat, magnesium, dan tiamin yang bisa memberikan manfaat kesehatan. Roti ini juga cenderung rendah kalori dan tidak memiliki zat aditif sehingga jika dikonsumsi secara rutin bisa membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Indeks glikemik roti gandum juga cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan roti biasa. Mengonsumsinya tentu tidak akan membuat kadar gula darah naik. Selain itu, keberadaan serat di dalam roti gandum yang tinggi akan menyehatkan pencernaan.

TAGS:
kolesterolRoti Gandum

RELATED STORIES

Loading interface...