Rumah Pria Ini Kejatuhan Meteor Senilai Rp26 Miliar
Foto: Mothership
Viral

Rumah Pria Ini Kejatuhan Meteor Senilai Rp26 Miliar

Jumat, 20 Nov 2020 | 08:04 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Rezeki memang bisa datang dari mana saja dan tidak terduga, seperti yang dialami oleh pria 33 tahun asal Sumatera Utara ini. Dia tidak sengaja menemukan batu meteor yang menabrak rumahnya pada suatu sore.

Melansir Mothership, batuan luar angkasa tersebut mempunyai berat sebesar 2,1kg dan ternyata bernilai USD 1,85 juta (Rp26 miliar). Pria bernama Josua Hutagalung ini, sedang bekerja saat ia menemukan batu meteor tersebut yang mendarat di rumahnya pada 1 Agustus 2020 lalu.

Batu tersebut terlihat berada di tanah dengan kedalaman 15cm. Pria yang berprofesi sebagai pembuat peti mati ini mengatakan kalau batu meteroit itu masih hangat saat ia menggalinya keluar dari tanah.

josua hutagalung
Foto: Facebook/Josua Hutagalung

Batuan luar angkasa ini diperkirakan berusia 4,5 miliar tahun. Menurut Lunar and Planetary Institute di Texas, Amerika Serikat, batu meteor ini diklasifikasikan sebagai CM1/2 karbonat Chondrite, varietas yang sangat langka.

Lantaran jenisnya yang langka, batu itu bernilai USD 857 (Rp12 juta) per gram atau seluruhnya sekitar USD 1,85 juta. Meski begitu, salah satu anak Josua mengatakan untuk tidak menjual batu meteroit tersebut.

Josua hutagalung
Foto: Facebook/Josua Hutagalung

Awalnya ia hendak menjual batuan tersebut, karena percaya kalau batu itu adalah tanda keberuntungan bagi keluarga dan desanya. Kemudian ia hanya menjual sebagian kecil dari meteroit itu, dengan berat sekitar 94,2g.

Namun, pada pertengahan September lalu, dia memutuskan untuk menjual sisa batu tersebut ke tiga dealer terpisah, yang kemudian menjualnya ke kolektor.

Mengutip BBC Indonesia, batu meteor itu hanya dijual oleh Josua dengan harga Rp200 juta. Uang yang didapatkannya dari hasil jual batu meteor, telah ia bagikan kepada keluarga, yatim piatu, pihak gereja, dan perbaikan makam orang tua.

“Uangnya habis, cuma Rp200 juta,” tutur Josua.

TAGS:
viralbatu meteorSumatera Utara

RELATED STORIES

Loading interface...