Sah, MK Tolak Seluruh Permohonan Prabowo-Sandiaga

Daniel
Daniel

Sah, MK Tolak Seluruh Permohonan Prabowo-Sandiaga SIDANG MK

Winnetnews.com -  Mahkamah Konstitusi akhirnya secara resmi memutuskan untuk menolak seluruh sengketa hasil Pilpres 2019 yang diajukan oleh pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Hal itu diutarakan pada sidang keputusan di Gedung MK, Kamis (27/6).

"Mengadili, menyatakan dalam eksepsi, menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk keseluruhan. Dalam pokok permohonan, majelis menyatakan menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," jelas Ketua MK Anwar Usman ketika membacakan keputusan akhir.

MK juga menegaskan bahwa mereka memiliki kewenangan untuk mengadili permohonanan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan pemohon, yaitu Prabowo dan Sandiaga selaku pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 dalam Pilpres 2019.

Pada pembacaan keputusan, MK menolak hampir semua dalil yang diajukan oleh kubu paslon nomor urut 02. Termasuk salah satunya adalah soal dugaan money politics yang dilakukan pada saat pelaksanaan Pilpres 2019.

"Dalam hal persidangan juga tidak terungkap fakta bahwa apakah pemohon telah mengadukan hal-hal yang didalihkan tersebut sebagai modus lain dari money politics atau vote buying kepada Bawaslu," ujar Hakim MK Arief Hidayat.