Sakit Flu? Kapan Harus Periksa ke Dokter?
ilustrasi
Kesehatan

Sakit Flu? Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Minggu, 5 Apr 2020 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Flu adalah penyakit akibat infeksi virus influenza yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya pada satu atau dua minggu dengan beristirahat di rumah dan mengonsumsi makanan bernutrisi, Namun, bagaimana bila flu tidak kunjung sembuh? Kapan harus ke dokter saat flu menyerang? Berikut ulasannya. 

Tanda-tanda Anda harus segera ke dokter saat flu

Saat flu menyerang, ada beberapa gejala yang akan dirasakan, seperti demam, batuk dan sakit tenggorokan, hidung beringus, sakit kepala, meriang, panas dingin, dan kelelahan. Bahkan di beberapa kasus anak kecil, gejala yang dirasakan bisa ditambah dengan mual, muntah, dan diare.

Meski dapat sembuh dengan beristirahat di rumah, ada beberapa kondisi yang menjadi tanda bahwa seseorang harus segera ke dokter atas flu yang dideritanya. Flu yang tidak kunjung sembuh bisa berisiko terhadap penyakit yang lebih serius, seperti pneumonia, bronkitis, atau infeksi sinus. Bahkan, di beberapa kasus, flu yang tidak kunjung sembuh bisa membuat seseorang dirawat di rumah sakit atau bahkan hingga kematian.

Oleh karena itu, perhatikan tanda-tanda di bawah ini saat Anda terkena flu dan segera berkonsultasi ke dokter.

Kesulitan bernapas

Flu juga bisa menimbulkan gejala hidung tersumbat. Bila gejala flu ini tak kunjung sembuh hingga 10 hari dan dibarengi dengan kesulitan bernapas, segera konsultasi ke dokter. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya penyakit yang lebih serius pada diri Anda, seperti pneumonia atau infeksi pada paru-paru, sinusitis, atau bronkitis.

Merasakan sakit di dada atau perut

Merasakan sakit atau adanya tekanan di dada bisa menjadi salah satu tanda bahaya pada diri Anda. Kondisi ini juga merupakan salah satu tanda pneumonia. Adapun pada penderita penyakit jantung, gejala dada yang sakit saat flu bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Sering muntah

Saat flu, tubuh Anda membutuhkan banyak cairan. Namun, bila cairan di dalam tubuh terus menerus keluar atau muntah, flu Anda akan sulit untuk disembuhkan. Kondisi ini mungkin menjadi tanda adanya penyakit serius dalam diri Anda, seperti sepsis. Bila tidak segera ditangani, sepsis bisa menyebabkan kegagalan pada organ.

Sempat membaik, tetapi kembali memburuk

Setelah membaik, seharusnya flu Anda tidak kembali memburuk secara tiba-tiba. Bila hal ini terjadi, sesuatu yang buruk mungkin terjadi pada diri Anda. Segera konsultasikan flu yang Anda alami ke dokter bila hal ini terjadi.

Sulit menelan

Bila tenggorokan sangat sakit hingga membuat sulit menelan, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Kondisi ini bila dibarengi dengan demam yang tinggi hingga kesulitan bernapas saat tidur dapat menjadi tanda adanya infeksi bakteri lainnya.

Demam tinggi

Bila flu dibarengi dengan demam yang tinggi, terutama pada anak-anak, segera konsultasikan ke dokter. Anak-anak dengan demam mencapai 40° C atau bayi dengan usia di bawah 12 minggu yang demam, berapapun suhunya, perlu segera ditangani oleh dokter.

TAGS:
kesehatansakit flu

RELATED STORIES

Loading interface...