Samsung dan Qualcomm Mulai Rancang <em>Chips</em> untuk Galaxy S9
ilustrasi
Techno

Samsung dan Qualcomm Mulai Rancang <em>Chips</em> untuk Galaxy S9

Rabu, 26 Apr 2017 | 10:55 | Rusmanto

WinNetNews.com - Samsung Galaxy S8 memang belum lama diluncurkan, namun bukan berarti pengembangan ponsel selanjutnya belum dimulai.

Rumor yang beredar menyebutkan, Samsung dan Qualcomm sudah mulai membicarakan chipset yang nantinya akan dipakai di Galaxy S9. Chipset ini tentunya harus lebih kencang dari Snapdragon 835 dan Exynos 8895 -- dua prosesor terkencang saat ini -- yang dipakai di Galaxy S8.

Galaxy S9 sendiri diperkirakan akan menggunakan prosesor Snapdragon 845, yang meski dibuat oleh Qualcomm, tetap saja diproduksi di pabrik milik Samsung dan TSMC. Kedua pembuat prosesor itu kebetulan sama-sama sudah mulai mencoba proses fabrikasi 7nm -- Snapdragon 835 menggunakan fabrikasi 10nm--.

Divisi LSI Samsung sendiri sebelumnya sudah pernah menyebut kalau mereka siap memulai produksi massal chip 7nm pada awal 2018. Jadi, seperti dikutip dari Phone Arena , Selasa (25/4/2017), masih ada kemungkinan kalau Galaxy S9 akan menggunakan chip prosesor dengan fabrikasi 7nm.

Baca juga:Setelah Sukses Dengan Galaxy S8, Samsung Sudah Bersiap Untuk Kembangkan Galaxy S9

Ada satu hal yang mungkin menjadi alasan kenapa Samsung dan Qualcomm mulai membicarakan prosesor untuk Galaxy S9 sejak dini. Yaitu hasil pengujian yang menyebutkan performa baterai Galaxy S8 dengan prosesor Exynos lebih irit ketimbang Galaxy S8 versi Snapdragon.

Jadi, antara Samsung dan Qualcomm masih mempunyai pekerjaan rumah untuk mengoptimasi penggunaan prosesor Snapdragon di lini perangkat Galaxy S.

TAGS:
Samsung Galaxy S8QualcommSamsung Galaxy S9Snapdragon 845smartphoneSnapdragon 835Exynos 8895

RELATED STORIES

Loading interface...