Samsung Kenalkan Headset VR Standalone di Mobile World Congress Shanghai

Rusmanto
Rusmanto

Samsung Kenalkan Headset VR Standalone di Mobile World Congress Shanghai ilustrasi

WinNetNews.com - Sebuah perusahaan eye tracking virtual reality (VR) bernama Visual Camp membocorkan prototipe headset VR buatan Samsung di ajang Mobile World Congress Shanghai (MWCS) 2017, di China.

Headset ini bernama Exynos VR III, dan ditenagai oleh GPU Mali G71 yang dibuat dengan pabrikasi 10nm, yang terlihat mirip dengan chip Exynos 9. Chip GPU ini mampu melakukan komputasi untuk dua layar WQHD+ dengan refresh rate 90Hz, atau sebuah layar 4K dengan refresh rate 75Hz.

Headset ini juga bisa mendeteksi gerakan mata serta mengenali ekspresi wajah. Dengan begitu, headset ini memusatkan kekuatan rendering gambarnya hanya saat mata penggunanya fokus ke layar.

Dari desain serta dimensi headset ini, jelas kalau Exynos VR II hanyalah sebuah prototipe yang digunakan di pameran teknologi. Namun teknologi yang dipakai di headset ini adalah lompatan besar dalam dunia mobile VR.

Tahun 2016 lalu, Samsung sebenarnya sudah pernah mengkonfirmasi kalau mereka tengah menggarap headset VR standalone yang tak membutuhkan smartphone atau PC untuk bisa beroperasi, demikian dikutip dari The Verge , Kamis (6/7/2017).