Satu Dekade, Burger dan Kentang Goreng McDonald's Terakhir di Islandia Jadi Bintang Live Streaming
Sumber: Instagram
Viral

Satu Dekade, Burger dan Kentang Goreng McDonald's Terakhir di Islandia Jadi Bintang Live Streaming

Rabu, 6 Nov 2019 | 14:46 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Krisis keuangan yang terjadi pada 2009 silam, membuat Islandia memutuskan untuk menutup restoran McDonald’s terakhirnya. Saat itu, seorang pria bernama Hjortur Smarason memutuskan untuk membeli burger dan kentang goreng terakhir.

Hingga saat ini, makanan yang sudah berusia satu dekade itu sudah sering muncul dalam live streaming dan anehnya makanan tersebut hanya memiliki sedikit jamur.

“Aku pernah mendengar bahwa McDonald’s tidak pernah terurai, jadi aku hanya ingin melihat apakah itu benar atau tidak,” kata Smarason kepada AFP.

Smarason ingat kalau setelah membelinya, dia menyimpan kedua makanan itu di dalam kantong plastik di garasinya. Beberapa tahun kemudian, ia memerhatikan ada sedikit tanda-tanda pembusukan dan segera menyumbangkan makanan tersebut ke Museum Nasional Islandia.

Kemudian, dua makanan cepat saji itu pernah dipindahkan ke sebuah hotel di ibu kota Reykjavik sebelum akhirnya disimpan di Snorta House, Thykkvibaer.

Hostel yang berada di Islandia Selatan ini sudah menyimpan makanan cepat saji itu di dalam wadah kaca, sehingga memungkinkan para pengguna internet di seluruh dunia dapat melihat bentuk McDonald’s terakhir di Islandia.

Hostel ini mengatakan kalau webnya telah memperoleh sekitar 400.000 pengunjung setiap harinya.

Jumlah jamur yang sedikit di burger dan kentang goreng ini menyebabkan banyak orang yang mempertanyakan keamanan produk makanan McDonald’s.

Akan tetapi pada 2013, restoran fast food ini telah menyatakan kalau burger mereka dapat terurai “di lingkungan yang tepat”, seperti “sebagian besar makanan lain”.

Tanpa adanya uap air di sekitarnya, makanan tersebut “tidak mungkin menumbuhkan jamur atau bakteri atau membusuk.”

Bjorn Adalbjornsson, seorang dosen senior ilmu pangan di Universitas Islandia, setuju dengan pernyataan restoran makanan cepat saji itu. Ia mengatakan kalau tanpa kelembapan, makanan hanya akan mengering.

TAGS:
burgermcdonaldskentang gorengIslandiasatu dekade

RELATED STORIES

Loading interface...