Sebaiknya Jangan Konsumsi Makanan Berikut Saat Perut Terasa Sakit

Rusmanto
Rusmanto

Sebaiknya Jangan Konsumsi Makanan Berikut Saat Perut Terasa Sakit ilustrasi
Winnetnews.com -  Salah satu masalah kesehatan yang cukup merepotkan adalah diare. Tak hanya membuat perut terasa sakit dan tidak nyaman, kita bahkan akan kesulitan untuk melakukan aktivtas sehari-hari karena harus berkali-kali melakukan buang air besar. Demi mengatasinya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengatur kembali pola makan demi meredakan gangguan pencernaan.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit perut

Selain dengan mengonsumsi makanan yang membuat perut menjadi lebih nyaman, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menghindari beberapa jenis makanan yang berpotensi membuat sakit perut menjadi semakin parah.

Berikut adalah berbagai makanan tersebut.

1. Susu

Ternyata, saat diare kita sebaiknya menghindari konsumsi susu terlebih dahulu. Meskipun kita sangat menyukainya dan minuman ini bisa menyediakan berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh, dalam realitanya susu bisa memperberat sakit perut dan diare yang sedang diderita. Kondisi ini disebabkan oleh keberadaan kandungan laktosa, sejenis gula alami yang cukup sulit untuk diolah dalam saluran pencernaan.

Bagi sebagian orang yang mengalami intoleransi laktosa atau kondisi tubuh yang tidak bisa mengolah laktosa, konsumsi susu bahkan bisa memicu masalah diare atau perut kembung. Karena alasan inilah kita memang sebaiknya menghindarinya terlebih dahulu jika terkena sakit perut.