Sebelum Lakukan Donor Darah, Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi
ilustrasi
Kesehatan

Sebelum Lakukan Donor Darah, Ini Makanan yang Wajib Dikonsumsi

Sabtu, 14 Sep 2019 | 07:15 | Rusmanto
Winnetnews.com - Sebelum melakukan donor darah, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah makanan yang kita konsumsi. Makanan sebelum donor darah harus diperhatikan karena makanan ini akan memengaruhi kondisi tubuh kita dan menentukan apakah tubuh kita siap untuk melakukan donor darah atau tidak. Makanan apa saja yang sebaiknya kita makan sebelum donor darah?

Makanan Sebelum Donor Darah

Sebelum melakukan donor darah, kita diharuskan mempersiapkan fisik dan juga mental. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menunjang tubuh yang akan melakukan donor.

Berikut adalah berbagai makanan sebelum donor darah yang wajib Anda konsumsi!

1. Makanan Tinggi Zat Besi

Makanan sebelum donor darah yang wajib dikonsumsi pertama adalah makanan dengan kandungan zat besi tinggi.

Zat besi merupakan mineral utama dalam pembentukan hemoglobin (Hb). Hb sendiri merupakan protein dalam sel darah merah yang mengikat oksigen yang dibawa dari paru-paru ke seluruh tubuh. Apabila kadar Hb rendah, seseorang tidak akan diizinkan untuk mendonorkan darah.

Selain itu, sebagian zat besi juga akan hilang bersamaan dengan Anda mendonorkan darah. Apabila tubuh tidak memiliki cadangan zat besi yang cukup, Anda berpotensi mengalami anemia defisiensi besi setelah melakukan donor darah.

Zat besi dibagi menjadi dua jenis yaitu zat besi heme dan non-heme. Jenis zat besi heme terkandung dalam makanan seperti daging merah, unggas, makanan laut, hati, dan telur.

Sedangkan zat besi non-heme biasanya terkandung dalam sayuran (bayam, ubi jalar, kacang polong, brokoli), buah-buahan (semangka, stroberi, dan buah-buahan yang dikeringkan), dan kacang-kacangan.

Zat besi heme lebih mudah untuk diserap oleh tubuh dibandingkan dengan zat besi non-heme. Sebelum melakukan donor darah, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi heme, tapi tidak ada salahnya juga jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi non-heme sebagai pelengkap.

2. Makanan Rendah Lemak

Makanan sebelum donor darah yang direkomendasikan selanjutnya adalah makanan rendah lemak.

Konsumsi makanan berlemak dapat memengaruhi kadar lemak dalam darah. Banyaknya lemak dalam darah ternyata dapat mengganggu proses pengujian penyakit menular. Maka dari itu, sebelum mendonorkan darah seseorang diharuskan untuk mengonsumsi makanan rendah lemak untuk menghindari kondisi ini.

Pilihlah makanan dengan label rendah lemak seperti sereal atau oatmeal rendah lemak. Hindari mengolah makanan dengan cara menggorengnya.

TAGS:
donor darahmakanan

RELATED STORIES

Loading interface...