Sederet Buah dan Sayuran yang Perlu Dihindari Saat Diet
Ilustrasi, Unsplash
Lifestyle

Sederet Buah dan Sayuran yang Perlu Dihindari Saat Diet

Senin, 24 Feb 2020 | 17:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin memang dapat membuat tubuh kita menjadi selalu sehat. Konsumsi makan-makanan sehat ini menjadi pilihan bagi orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan atau diet.

Namun ternyata ada beberapa jenis buah dan sayur yang diketahui dapat memicu kenaikan berat badan sehingga harus dihindari saat sedang diet. Tidak hanya tinggi kalori, buah dan sayuran ini memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih tinggi dibandingkan jenis yang lainnya.

Indeks glikemik adalah standar pengukuran seberapa cepat karbohidrat dalam makanan diubah menjadi gula untuk digunakan sebagai energi. Skala GI ini yakni dimulai dari 0 hingga 100. Angka pengukuran itu memengaruhi seberapa cepat tubuh memproduksi insulin.

Berikut ini beberapa jenis sayuran dan buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang diet.

Kacang-kacangan

Kacang diketahui kaya akan protein dan nutrisi. Satu gelas kacang memiliki kandungan 227 kalori. Oleh karena itu, jika sedang diet dan membatasi asupan kalori, maka kita harus memerhatikan konsumsi kacang-kacangan.

Jagung manis

Jagung manis memiliki kandungan tepung pati dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga bisa meningkatkan kadar gula darah. Kondisi ini menyebabkan penurunan kadar gula setelah beberapa jam dikonsumsi dan membuat kita jadi cepat lapar.

Buah kering

Dry fruit atau buah kering mempunyai kalori yang lebih padat daripada buah segar. Jika konsumsi buah kering dalam salad ataupun yogurt maka dapat menambah kalori dalam tubuh.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, namun alpukat memiliki kalori yang tinggi. Jika alpukat itu berukuran besar, maka kandungan kalorinya pun akan tinggi sekitar 332 kalori. Oleh karenanya, jika kita sedang membatasi kalori, maka lebih baik hindari mengonsumsi buah ini.

TAGS:
dietsayuranbuahkalori

RELATED STORIES

Loading interface...