Sedih, Pabrik Nissan Motor di Indonesia Gulung Tikar
Ilustrasi perakitan mobil. (Foto: Auto Express)
Ekonomi dan Bisnis

Sedih, Pabrik Nissan Motor di Indonesia Gulung Tikar

Jumat, 29 Mei 2020 | 14:33 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Pasca menghentikan produksi mobil merk Datsun di Indonesia menjelang akhir tahun 2019 lalu, Nissan Motor kini bikin keputusan yang membuat berat bisnis otomotif di Indonesia. Perusahaan kuda besi dari Jepang itu memutuskan untuk menutup pabrik perakitan mobil Nissan di Indonesia.

Disadur dari Kontan.co.id, Jum'at (29/5), pengumuman penutupan pabrik disampaikan langsung oleh Makoto Uchida, Chief Executive Officer (CEO) Nissan Motor dalam pernyataan tertulis di Jepang pada Kamis, (28/5). 

“Nissan berkonsentrasi pada pabrik di Thailand sebagai basis produksi tunggal di ASEAN,” kata Uchida.

Keputusan Nissan Motor ini tentu memiliki alasan yang masuk akal. Mengingat penjualan mobil di Indonesia tidak mengalami kenaikan beberapa tahun terakhir. Justru sebaliknya, tiga bulan belakangan penjualan mobil justru terjun bebas akibat wabah Covid-19.

Dari angka penjualan, penjualan Nissan juga tak juga menunjukkan performa menggembirakan belakangan ini. Meski telah mendapatkan support dari Mitsubishi untuk produksi produk bersama kendaraan multi purpose vehicle (MPV), namun tak mampu menggenjot penjualan Nissan secara signifikan.

Meski demikian, Uchida dalam pernyataannya bilang, penghentian produksi di Indonesia dilakukan dalam rangka transformasi bisnis yang kini sedang diterapkan. 

“Kami ingin memastikan pertumbuhan yang stabil, dan berkonsentrasi pada kompetensi dan meningkatkan kualitas bisnis kami,” katanya. 

Ia menambahkan, Nissan akan melakukan pengetatan keuangan agar bisa mengembalikan performa bisnis yang menguntungkan.

TAGS:
produksi mobilNissan Motorbisnis otomotifmenutup pabrik

RELATED STORIES

Loading interface...