Sejarah Batik Indonesia
Sumber: Istimewa
Seni & Budaya

Sejarah Batik Indonesia

Jumat, 28 Jun 2019 | 09:05 | Mle255

Winnetnews.com - Batik sudah menjadi tren di negara kita, karena Batik adalah bagian dari nafas kehidupan bangsa Indonesia. Lihat saja kehidupan masyarakat Jawa, rata-rata mereka semua memakai Batik. Hingga sekarang ini masyarakat kita selalu menggunakan batik, baik di acara resmi maupun tidak resmi.

Batik Indonesia saat ini sudah diresmikan menjadi Heritage of Indonesia, banyaknya macam motif batik dari berbagai daerah di Indonesia, dari perancang pada era generasi tua yang corak batiknya klasik sampai perancang modern era 2000an yang banyak dimodifiksi corak dan motif batiknya.

Ada satu buku yang mengulas tentang Batik yaitu "Tehnik dan Ragam Hias Batik Yogya dan Solo ". Buku ini dikarang oleh Almarhumah Ibu Ir. Sri Soedewi Samsi.  Beliau mengumpulkan corak dan motif batik tradisional dari Yogyakarta dan Solo.

image0

Almarhum Ibu Dewi adalah Kepala Balai Besar Penelitian dan Pnegembangan Kerajinan dan Batik serta rektor IKIP Yogyakarta, beliau menulis buku ini di usia beliau menginjak 81 tahun. Pada tahun 2011, almarhum sudah menaruh perhatian pada batik sejak tahun 70an dan koleksi beliau mencapai 370 corak, beliau berharap kelak bukunya ini dapat dipakai oleh pengrajin industri perbatikan atau batik industri rakyat.

Buki Teknik dan Ragam Hias Batik Yogya dan Solo ini telah dicetak sebanyak 1000 eksemplar dan telah dibagikan gratis ke sekolah seni dan industri batik rakyat , paguyuban batik, serta pusat pembelajaran masyarakat, peluncuran buku ini telah di resmikan pada 10 Maret 2011 di Restoran Palalada, Grand Indonesia Jakarta.

image1

Berikut beberapa contoh ragam dan corak batik kumpulan Almrhum Ibu Sri Soedewi Samsi:

image2

 

image3

 

image4

 

TAGS:
batikbatik Indonesiabatik nusantarabuku batikkarya seni

RELATED STORIES

Loading interface...