Sejumlah Alasan Mengapa Telur Jadi Menu Wajib untuk Sarapan
Kesehatan

Sejumlah Alasan Mengapa Telur Jadi Menu Wajib untuk Sarapan

Sabtu, 21 Sep 2019 | 09:04 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Telur merupakan sumber protein yang sangat baik, murah dan berkualitas tinggi. Lebih dari setengah protein telur ditemukan dalam putih telur bersama dengan vitamin B2 dan jumlah lemak yang lebih rendah daripada kuning telur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di majalah Pediatri telah menyarankan bahwa memberi makan anak-anak dengan hanya satu telur sehari selama enam bulan, dapat membantu mereka mencapai tinggi badan yang sehat dan mencegah stunting.

Berikut 7 alasan mengapa menjadikan telur sebagai menu sarapan itu sehat, dikutip dari CNN Indonesia (16/9) yang melansir Livestrong (13/9).

Baik untuk otak

Selain kolin, kandungan vitamin B pun baik untuk kesehatan otak. Tinjauan pada 2016 yang terbit di jurnal Nutrients memeriksa peran vitamin B12, B6 dan folat. Kesimpulannya ketiganya penting untuk fungsi otak.

Kaya akan antioksidan

Memulai hari dengan asupan telur berarti Anda sudah memberikan suplai antioksidan bagi tubuh. Antioksidan jenis luteindan zeaxanthin pada telur membantu mengurangi kerusakan sel akibat radikal bebas. Menurut Jerlyn Jones, ahli gizi dan pemilik Lifestyle Dietitian, perpaduan dua jenis antioksidan ini berkontribusi untuk kesehatan mata.

Saat tubuh memperoleh cukup asupan lutein dan zeaxanthin bisa mengurangi risiko katarak. Antioksidan pun bakal memastikan kulit aman dari paparan sinar biru dari matahari, televisi dan komputer.

TAGS:
telursarapansehat

RELATED STORIES

Loading interface...