Sekelumit Kisah Perjalanan Karier James Ingram
Foto: Billboard
Musik

Sekelumit Kisah Perjalanan Karier James Ingram

Rabu, 30 Jan 2019 | 15:37 | Daniel

Winnetnews.com - Penyanyi dan penulis lagu R&B ternama James Ingram tutup usia pada Rabu 30 Januari 2019. Penyanyi berusia 66 tahun tersebut dikabarkan mengidap penyakit kanker otak. Ingram menghembuskan nafas terakhir di kediamannya yang terletak di Los Angeles, California.

Ia memulai karier di dunia musik sejak 1973. Sebelum bersolo karier, Ingram terlebih dulu bergabung dengan band Relevation Funk. Pada 1982 Ingram meraih penghargaan Best Male R&B Vocal Performance lewat lagunya yang berjudul One Hundred Ways di ajang Grammy Awards. Penghargaan kedua Grammy Awards ia raih pada 1985.

Pada gelaran Grammy Awards 1985, lagunya yang berjudul “Yah Mo B There” berkolaborasi dengan Michael McDonald sukses memenangkan kategori Best R&B Performance by Duo or Group with Vocals. Jika ditotal, Ingram masuk dalam 14 nominasi Grammy.

image0

Semasa berkarier, Ingram telah menelurkan enam album. Album pertamanya ‘It’s Your Night’ masuk dalam 10 besar album terbaik di Amerika Serikat untuk kategori R&B. Selang tiga tahun kemudian, Ingram meluncurkan album kedua ‘Never Felt So Good’

Ps 1989 Ingram meluncurkan album ketiga ‘It’s Real’ yang memiliki total 11 lagu. Salah satu yang paling terkenal adalah “I Dont Have the Heart.” Lalu pada 1993 ia menelurkan album kelimanya ‘Always You’ selepas album kelima, ia cukup lama tidak mengeluarkan album lagi sampai 2008.

image1

Album terakhirnya pada 2008 diberi judul ‘Stand (In The Light).’ Album terakhir Ingram tersebut tidak lagi bekerja sama dengan label Warner Bros seperti di lima album sebelumnya. Pada karyanya yang terakhir ini ia bekerja sama dengan Intering Records.

Salah satu karya yang terkenal adalah ketika kolaborasi Ingram dengan Patti Austin yang melahirkan “Baby Come To Me.” Lagu yang dirilis pada 1982 tersebut memiliki durasi 3 menit 31 detik dan ditulis oleh Rod Temperton. Baby Come To Me berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

Pada era 2000an, Ingram mulai merambah ke acara televisi dan talkshow. Salah satumnya adalah ketika ia bergabung di Celebrity Duets. Ia lalu juga mendapatkan peran pada serial tv Suburgatory.

TAGS:
R&Bjames ingrammusikmusisiJames Ingram tutup usiagrammyWarner BrosBillboard Hot 100

RELATED STORIES

Loading interface...