Selain Bumi, Ini 3 Planet yang Cocok Untuk Manusia

Aldina Putri Nst
Aldina Putri Nst

Selain Bumi, Ini 3 Planet yang Cocok Untuk Manusia

Winnetnews.com - Dikutip dari Sputnik, Senin (20/5/19), salah satu ilmuan yang berasal dari Inggris mengatakan bahwa ada tiga planet yang cocok untuk menjadi tempat tinggal manusia dikarenakan memiliki lautan dan sungai yang sama seperti Bumi.

Profesor Brian Edward Cox ini sempat mengeluarkan  buku berjudul The Planets, di dalam buku tersebut ia mengungkapkan bahwa permukaan pada tiga planet tersebut panas, maka itu tida planet tersebut dinggap cocok sebagai tempat tinggal.

Penasaran? Simak tiga ulasan planet-planet tersebut di bawah ini.

1. Planet Venus

Planet venus kerap kali dikenal sebagai planet kedua dari matahari. Namun, pada saat ini Venus memilki temperatur yang tinggi dengan kemampuan melelehkan timbal. Atmosfer yang terdapat pada Venus mengandung awan asam sulfat. Menurut Cox,l Venus adalah planet pertama yang memiliki laut, langit dan awan di dalamnya, hal tersebut dapat sudah cukup untuk menjadi kriteria planet yang cocok untuk ditempati manusia. Namun, sangat disayangkan Planet Venus sudah mengering selama 700 juta tahun yang lalu.

2. Planet Merkurius

Planet ini ternyata lebih besar dibandingkan ukurannya yang sekarang. Dulunya, planet Merkurius dianggap sebagai planet yang sudah mempunyai semua unsur kehidupan yang dibutuhkan oleh manusia

“Itu mungkin sudah cukup besar untuk menahan atmosfer, sebuah planet yang berarir tempat semua unsur kehidupan bisa ada, sebelum ia terlempar keluar dari orbit oleh tarikan gravitasi Jupiter,” ungkap Cohen dan Cox dalam temuan di bukunya.

3. Planet Mars

Dua ilmuan asal Inggris ini percaya bahwa Mars adalah planet yang paling memungkinkan untuk dihuni.

“Dahulu kala planet merah (Mars) itu berkilau biru. Aliran mengalir menuruni lereng bukit dan sungai mengalir melalui lembah,” ungkap Andrew Cohen dan Brian Cox.