Selain Gunung Kelud, Berikut 3 Objek Wisata Tersembunyi di Kediri yang Layak Dikunjungi
sumber : lelungan.net
Traveling

Selain Gunung Kelud, Berikut 3 Objek Wisata Tersembunyi di Kediri yang Layak Dikunjungi

Sabtu, 10 Nov 2018 | 13:02 | Oky

WInnetnews.com - Bila wisata Kediri identik dengan Gunung Kelud, namun daerah dengan julukan Kota Tahu ini juga menyimpan beberapa tempat wisata tersembunyi dengan pemandangan dan keunikan yang tak kalah menarik, lho. Penasaran? Berikut 3 lokasi wisata di Kediri yang tak banyak orang tahu.

1. Bukit Ongakan

Anda penikmat wisata alam? Coba deh main ke Bukit Ongakan yang ada di Kediri. Tempat wisata ini tergolong baru dan rute yang ditawarkan pun cukup menantang. Dari Bukit Ongakan Anda bisa melihat keindahan alam Gunung Kelud dari sisi lain yang masih tersembunyi.

Bukit Ongakan terletak di kawasan Cagar Alam Besowo Gadungan. Dari arah  Simpang Lima Gumul Kediri, Anda bisa mengambil rute menuju Gurah – Puncu – Kepung – Siman hingga Besowo. Untuk menuju puncak Bukit Ongakan, Anda harus melakukan trekking sejauh kurang lebih 100 meter. Meski terbilang dekat, namun medan yang dilalui cukup sulit dan menguras tenaga.

Selama perjalanan, Anda bisa menikmati rimbunnya hutan pinus yang cocok digunakan sebagai lokasi berfoto. Setibanya di lokasi, Anda akan disambut barisan pegunungan hijau yang menawan. Uniknya, di lokasi ini pula Anda bisa menjumpai bukit berbentuk kura-kura yang menjadi daya tarik tersendiri.

2. Wisata Alam Pendakian Gunung Wilis

Selain Bukit Ongakan, Kediri juga punya tempat wisata lain yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Gunung Wilis. Meskipun bukan termasuk kawasan wisata baru, namun Gunung Wilis menyimpan sejumlah air terjun yang lokasinya masih tersembunyi. Nah, untuk Anda yang memiliki jiwa petualangan, tak ada salahnya mengisi waktu liburan dengan melakukan pendakian ke Gunung Wilis bukan?

Dari arah Kediri, Anda bisa memulai rute pendakian di Kecamatan Mojo atau Kecamatan Semen. Bagi pendaki pemula, cobalah memilih rute pendakian yang baru diresmikan oleh Pemerintah Kediri karena jalurnya cukup lebar. Supaya aman, hindari mendaki ketika musim hujan agar tidak terjebak di medan yang sulit dilalui.

Di samping menikmati keindahan alam dari puncak Gunung Wilis, Anda juga bisa mampir ke Air Terjun Dolo yang berada di bagian timur lereng Gunung Wilis. Tak jauh dari lokasi Air Terjun Dolo, sekitar 4 km ada Air terjun Irenggolo yang tak kalah unik.

3. Susur Goa Surowono Pare

Pernah mendengar tempat wisata di Kediri bernama Gua Surowono? Bila belum, cobalah berkunjung ke sana dan dapatkan sensasi menyusuri gua bawah tanah. Berlokasi di Kecamatan Pare, menurut cerita masyarakat setempat, Gua Surowono sudah ada sejak zaman Kerajaan Kediri. Gua Surowono sejatinya merupakan lorong bawah tanah yang memiliki aliran sungai di dalamnya. Konon, air di dalam gua ini tak pernah kering, sekalipun musim kemarau tiba.

Di depan pintu masuk, Anda terlebih dahulu menuruni anak tangga menuju mulut gua yang berada di kedalaman sekitar 5 meter. Di dalam gua, terdapat 5 lorong utama di mana masing-masing lorong memiliki sensasi tersendiri. Memasuki lorong pertama, Anda masih bisa berjalan menyusuri gua secara normal karena langit-langit gua masih tinggi. Semakin ke dalam, langit-langitnya pun semakin rendah hingga membuat Anda harus berjalan sambil merangkak di dalam air. Setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk menikmati keseruan menyusuri Gua Surowono.

Setelah seharian berkeliling tentunya membuat tubuh terasa lelah, bukan? Nah, untuk membantu memulihkan stamina Anda, cobalah mencari hotel di Kediri melalui aplikasi/website Airy Rooms.  Sebagai jaringan hotel tepercaya dan terbesar di Indonesia, setiap kamar Airy telah dilengkapi dengan 7 fasilitas eksklusif untuk meningkatkan kenyamanan menginap.

Di antara 7 fasilitas tersebut, ada shower air hangat yang dapat membuat tubuh Anda kembali relaks. Sementara itu, ada juga air minum dan perlengkapan mandi yang bisa didapat secara cuma-cuma. Tak ketinggalan, turut tersedia pula akses wifi gratis selama 24 jam.

TAGS:
wisata

RELATED STORIES

Loading interface...