Selain Indonesia, Beberapa Negara Ini Juga Berikan Vaksin Booster ke Warganya

Rusmanto

Dipublikasikan 10 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Selain Indonesia, Beberapa Negara Ini Juga Berikan Vaksin Booster ke Warganya
ilustrasi
Winnetnews.com -  Sejumlah negara tengah mempertimbangkan untuk memberikan dosis ketiga vaksin COVID-19 sebagai penguat (booster) kepada para tenaga kesehatan dan warganya.

Namun, ada juga negara yang sudah mulai memberikan vaksin COVID-19 dosis ketiga tersebut, terutama negara yang sebelumnya menggunakan vaksin buatan China untuk dosis pertama dan kedua.

Penyuntikan dosis penguat (booster) ini dilakukan lantaran adanya kekhawatiran bahwa vaksin Corona yang sebelumnya telah disuntikan kurang efektif untuk menangkal virus Corona varian baru.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut ini daftar negara yang tengah mempertimbangkan atau sudah memulai pemberian dosis penguat kepada para warganya.

Inggris

Inggris merupakan negara pertama di dunia yang berencana untuk memberikan dosis ketiga vaksin COVID-19 kepada warganya. Persiapan penyuntikkan dosis penguat ini akan diberikan mulai September mendatang dan menyasar para lansia. Kebijakan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa warga Inggris akan terlindungi dari virus Corona pada musim dingin mendatang.

Indonesia

Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, saat ini Indonesia tengah menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk pemberian vaksin COVID-19 dosis penguat.

Singapura

Pada bulan Mei lalu, Singapura berencana untuk memberikan suntikan penguat pada warganya. Rencananya, suntikan tersebut akan diberikan pada akhir tahun ini atau tahun 2022 mendatang.

Thailand

Ahli epidemiologi asal Australia's Griffith University, Dicky Budiman, menyarankan Thailand untuk mempertimbangkan pemberian dosis penguat kepada para warganya. Menurut prediksinya, efikasi vaksin Sinovac yang saat ini digunakan di Thailand akan mengalami penurunan setelah enam bulan.

Kendati demikian, Pemerintah Thailand ternyata masih akan lanjut membeli lebih banyak vaksin Sinovac. Katanya, meski efikasinya kurang, vaksin ini masih efektif mengurangi jumlah pasien dengan kondisi kritis dan fatal.

Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain

UEA dan Bahrain telah memastikan bahwa negaranya akan menggunakan vaksin COVID-19 Pfizer/BioNTech (PFE.N) sebagai penguat untuk disuntikan kepada warga yang sebelumnya mendapat vaksin Sinopharm asal China. Di Abu Dhabi, ibu kota UEA, nantinya dosis penguat ini akan diberikan enam bulan setelah penyuntikkan dosis kedua vaksin COVID-19.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...