Selain Kurangi Kemacetan, Naik Kendaraan Umum Bermanfaat untuk Kesehatan
ilustrasi
Lifestyle

Selain Kurangi Kemacetan, Naik Kendaraan Umum Bermanfaat untuk Kesehatan

Senin, 7 Okt 2019 | 13:05 | Rusmanto
Winnetnews.com - Naik kendaraan umum disebut sebagai cara untuk mengurangi kemacetan ibu kota. Pasalnya, semakin banyak orang tertarik untuk naik transportasi publik, penggunaan kendaraan pribadi akan semakin berkurang. Ternyata, tidak hanya itu saja manfaat naik angkutan umum. Naik angkutan umum juga membawa manfaat kesehatan bagi fisik dan mental Anda.

Manfaat naik angkutan umum untuk kesehatan

Untuk menurunkan kemacetan, pemerintah telah menyediakan berbagai transportasi yang bisa dipakai masyarakat, seperti bus dan kereta. Selain itu, pemerintah juga mendukung kenyamanan penumpang dengan meningkatkan fasilitas umum pendukung, seperti halte, jembatan penyebrangan, stasiun, dan terminal.

Meskipun tujuan utamanya untuk mengurangi kemacetan, ternyata naik transportasi umum juga memberi manfaat kesehatan bagi Anda. Mari kupas satu per satu manfaatnya.

1. Membuat Anda lebih aktif bergerak

image0

Manfaat utama dari naik angkutan umum adalah membuat tubuh lebih aktif bergerak. Seperti yang dipaparkan oleh CDC, naik transportasi umum meningkatkan peluang Anda untuk berdiri, berjalan, menaiki tangga, bahkan berlari, tidak hanya duduk.

Anda perlu berdiri menunggu datangnya bus atau berdiri jika tidak dapat tempat duduk. Kemudian, Anda juga perlu menaiki tangga di jembatan penyeberangan untuk mencapai halte yang akan dituju dan kemungkinan berlari mengejar kereta yang sudah ada di peron.

Semua aktivitas tersebut dapat meningkatkan fungsi jantung, paru, dan otot. Selain itu, dapat membakar lemak lebih banyak ketimbang duduk, meningkatkan kebugaran tubuh, serta menjadi kegiatan menyehatkan bagi orang dengan hipertensi, kadar kolesterol tinggi, atau kekakuan sendi.

TAGS:
angkutan umumtransportasi publiksehat

RELATED STORIES

Loading interface...