Selama COVID-19 Mewabah, 20,5 Juta Pekerjaan Hilang di AS
Ilustrasi pengangguran. (Foto: WTOP)
Ekonomi dan Bisnis

Selama COVID-19 Mewabah, 20,5 Juta Pekerjaan Hilang di AS

Sabtu, 9 Mei 2020 | 10:30 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Sekitar 20,5 juta pekerjaan hilang di Amerika Serikat selama wabah virus corona menyebar.

Disadur dari laman Tempo.co, Sabtu (9/5), ini merupakan kemunduran terburuk bagi ekonomi Amerika Serikat (AS) sejak peristiwa krisis ekonomi yaitu Great Depression pada 1933.

Melansir Reuters, Jumat (8/5), Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan tingkat pengangguran melonjak menjadi 14,7 persen pada April 2020. Angka ini memecahkan rekor sebelumnya yakni 10,8 persen yang terjadi pada 1982 pasca Perang Dunia II.

Hal ini menjadi dampak paling terasa dari kebijakan lockdown yang dilakukan pemerintah AS sejak pertengahan Maret 2020.

Langkah lockdown dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona atau Covid-19, yang merupakan pemicu penyakit radang pernapasan.

"Kalau pun ada hikmah yang bisa diambil dalam laporan suram ini, adalah bahwa realisasi ekonomi tidak bisa lebih buruk lagi dari sekarang," ujar Chris Rupkey, ahli ekonom dari MUFG New York, seperti dikutip dari Reuters.

Hilangnya pekerjaan non industri pertanian dalam dua bulan terakhir menjadi yang terendah sejak Februari 2011.

Meski banyak pekerjaan akan kembali sedikit pulih saat sebagian besar negara bagian melonggarkan lockdown dan beraktivitas kembali, namun hal ini telah menjadi preseden buruk bagi Presiden AS, Donald Trump.

Trump sedang menjalani masa pencalonan kedua sebagai Calon Presiden (Capres) di Gedung Putih. Pemerintahan Trump telah mendapat sorotan negatif dalam langkahnya menanggapi gejala awal pandemi virus Corona ini di AS.  Sebanyak 1,3 juta orang terinfeksi virus corona dengan nyaris 76 ribu orang meninggal dunia.

TAGS:
pekerjaan hilangAmerika Serikatwabah virus corona

RELATED STORIES

Loading interface...