Sering Berdebar Usai Sarapan? Mungkin Inilah Penyebabnya
Ilustrasi: HealthXchange
Kesehatan

Sering Berdebar Usai Sarapan? Mungkin Inilah Penyebabnya

Minggu, 6 Okt 2019 | 11:39 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Apakah kamu pernah merasakan jantungmu berdebar kencang usai sarapan? Menurut pakar kesehatan, hal ini bisa terjadi karena faktor makanan yang kamu konsumsi sebelumnya.

Jantung berdebar tidak hanya terjadi ketika kamu ketakutan atau sedang stres. Namun tidak bisa selalu dikaitkan dengan gejala yang serius.

Dikutip dari Health Line, jantung berdebar bisa terjadi karena menelan makanan dan saat kamu bangkit dari kursi usai makan.

Emosi juga bisa menjadi tanda jantung berdebar-debar, apalagi jika misal waktu makan yang kamu ambil menyebabkan kamu merasa cemas atau stres. Faktor lain diantaranya kadar potsium rendah, dehidrasi, hipoglikemia, makanan tinggi karbohidrat dan gula olahan, alkohol, alergi makanan, hingga makanan kaya sodium.

Makanan yang mengandung MSG belum secara pasti menjadi penyebab jantung berdebar usai sarapan. Orang akan cenderung berspekulasi jika sarapan dengan teh atau kopi yang memicu debaran di jantung. Namun penelitian pada tahun 2016 menyebutkan jika kafein tidak menimbulkan rasa berdebar, justru membantu penguatan fungsi dan kerja jantung.

Situs Health Line juga menunjuk jika rasa berdebar bisa muncul karena ada perubahan drastis pada hormon. Pada wanita, gejalanya terjadi melalui siklus menstruasi, jehamilan, atau menopause yang berdampak pada hormon. Perubahan ini akan memberikan dampak yang terlihat pada detak jantung.

TAGS:
info kesehatantips kesehatansarapan pagijantung berdebar

RELATED STORIES

Loading interface...