Sering Bertukar Handuk dan Pakaian dengan Teman? Awas Infeksi Jamur
Sumber: Jambi Tribun News)
Lifestyle

Sering Bertukar Handuk dan Pakaian dengan Teman? Awas Infeksi Jamur

Sabtu, 14 Sep 2019 | 11:08 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com -  Jika kamu tinggal di asrama atau kos-kosan, kamu pasti sering bertukar handuk atau pakaian dengan teman-temanmu. Namun tahukah mau ternyata saling bertukar baju dan handuk ternyata dapat membuatmu terjangkit infeksi jamur?

Seorang dokter dari Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silahi menyebutkan bahwa kurangnya kebersihan dan kelembaban yang belebih akan menimbulkan jamur dan dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

“Kondisi handuk yang lembab akan menjadi tempat jamur berkembang biak. Ini memungkinkan banyak orang terjangkit infeksi jamur dari satu orang ke orang lainnya jika menggunakan perlengkapan mandi atau baju yang sama,” ujar dr. Helmin, seperti dikutip dari Wolipop, Sabtu (14/09).

Oleh sebab itu, dr. Helmin menyarankan seseorang untuk tidak menggunakan handuk atau perlengkapan mandi yang sama dengan orang lain. Jika temanmu memiliki penyakit panu, kemungkinan kamu juga akan tertular penyakit panu setelah menggunakan handuk atau perlengkapan mandi yang sama.

“Jika seseorang menggunakan beberapa perlengkapan yang sama seperti handuk, sepatu, kaus kaki, sandal, atau pakaian, maka mereka bisa terjangkit jamur. Perlengkapan tersebut bisa menjadi media penularan jamur,” kata dr. Helmin.

Namun jika seseorang sudah terlanjur mengidap jamur, dr. Helmin menyarankan untuk mengoleskan anti jamur seperti Kalpanax. “Namun jika tidak kunjug reda, sebaiknya segera dibawa ke dokter,” pungkas dr. Helmin.

TAGS:
infeksi jamurpenyakit kulitmenggunakan handuk yang samakalpanax

RELATED STORIES

Loading interface...