Sering Cepat Lapar Usai Sarapan? Coba Lima Menu Sehat Ini

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Sering Cepat Lapar Usai Sarapan? Coba Lima Menu Sehat Ini Ilustrasi: The Independent
Winnetnews.com - Orang cenderung mengonsumis makanan berat dan padat saat sarapan. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena sebagain besar orang memilih menu ‘besar’ untuk sarapan karena dirasa lebih mengenyangkan.

Kamu perlu ingat bahwa makanan yang memiliki kalori, gula, dan lemak berlebih memang dapat mengatasi lapar dengan cepat, namun makanan seperti ini justru bisa membuat kamu menjadi lapar lagi kemudian.

Berikut ini adalah daftar menu sarapan yang dapat kamu coba untuk mengtasi kebiasaanmu yang sering lapar di pagi hari.

1. Telur

Ilustrasi: Cooking Light

Studi dari Pennington Biomedical Research Center di Baton Roogue menyebut jika orang obesitas yang makan telur di pagi hari merasa kenyang lebih lama. Peneliti juga menemukan adanya penurunan level greehlin, yaitu hormon perangsang nafsu makan. Dengan mengonsumsi telur, maka tubuhmu akan merangsang hormon PPY dengan cepat. Hormon ini bisa membantu perut untuk merasa cepat kenyang.

2. Alpukat

Ilustrasi: Food and Wine Magazine

Buah satu ini tidak hanya creamy dan lezat, namun juga kaya akan serat dan lemak tak jenuh yang baik bagi jantung. Alpukat yang mengandung lemak dan serat tinggi akan cenderung lebih lama dicerna oleh usus sehingga membuat orang bisa awet kenyang. Selain itu, lemak tak jenuh ini juga bisa memerintahkan otak untuk mengirimkan sinyal bahwa perut kamu sudah kenyang dan tidak perlu diisi lagi.

3. Kacang-kacangan

Ilustrasi: Magwuzz

Diet sehat biasanya menyajikan satu porsi kacang merah, kacang polong, kacang hijau, dan buncis. Tanaman-tanaman ini memiliki kandungan protein, karbohidrat kompleks dan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Ahli kesehatan Juli McGinnis menyebut bahwa jenis makanan ini bisa menjadi perpaduan nutrisi yang sempurna untuk menhaga kadar gula darah.

4. Sup

Ilustrasi: BBC

Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University menunjukkan bahwa memakan satu porsi sup ayam rendah kalori atau sup labu kuning akan mengurangi kebutuhan sekitar 100 kalori saat makan siang. Selain itu, sup memiliki kandungan air tinggi sehingga membuat perut kenyang lebih lama.

5. Kacang almond

Ilustrasi: Mother Nature Network

Di antara rumpun kacang-kacangan lainnya, almond diketahui memiliki kandungan serat paling tinggi. Serat dalam almond dapat mengontrol rasa laparmu dengan baik. Kamu bisa mengonsumsi jenis kacang ini sekitar 15 butir dalam sehari sebagai camilan di antara jam makan siang dan makan malam. Kebiasaan ini dipercaya akan mengurangi keinginanmu untuk makan yang manis-manis.