Sering Disepelekan, 5 Hal Ini Bikin Kamu Sulit Tidur

Nurul Faradila

Dipublikasikan 12 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Sering Disepelekan, 5 Hal Ini Bikin Kamu Sulit Tidur
Foto: Pexels/Cottonbro

Winnetnews.com -  Tidur adalah hal yang penting untuk dilakukan, agar tubuh bisa beristirahat dan mengisi kembali energi yang sudah terkuras seharian. Meski sudah sangat mengantuk, terkadang seseorang tetap merasa sulit tidur dan berujung begadang.

Biasanya, hal itu terjadi karena kita sedang stres. Tak hanya stres karena hal-hal besar seperti  kehilangan pekerjaan atau putus cinta, rutinitas harian pun juga bisa menyebabkan kita stres.

Kondisi yang disebut mikro stres ini, biasanya disepelekan, padahal dapat membuat kita sulit tidur dan menganggu kesehatan. Psikolog klinis berlisensi Holly Schiff, PsyD mengatakan jika penyebab stres kecil itu menumpuk, maka bisa meningkatkan detak jatung dan memicu respon fight-or-flight, sehingga kita pun jadi sulit tidur.

Dilansir dari Bustle, berikut ini adalah beberapa jenis mikro-stres yang menyebabkan kita sulit tidur di malam hari.

Overthinking tentang percakapan yang awkward

Saat melakukan percakapan baik secara langsung atau via text, tentunya kita ingin hal itu berjalan dengan lancar. Namun tak menutup kemungkinan interaksi sosial juga bisa berjalan dengan canggung.

Ketika akan tidur, kita akan memikirkan setiap kata yang digunakan selama melakukan percakapan. Stres seperti ini, dapat menyebabkan sulit tidur. Dr Michael Wusick, seorang psikolog berlisensi menyarankan untuk menuliskan hal-hal yang menganggu pikiran di kertas.

Berpikir negatif

Dokter Michael Wusick mengatakan, berpikir negatif atas kejadian yang kurang menguntungkan sehari-hari, menjadi penyebab meningkatnya respon stres. Ini pada akhirnya membuat kita kurang tidur.

Jadwal harian terlalu padat

Saat ingin tetap produktif, kadang-kadang kita bertekad untuk melakukan banyak hal dalam waktu singkat. Kebiasaan ini, tanpa sadar adalah penyebab stres mikro yang dapat membuat kita sulit tidur.

Telat

Telat datang ke sebuah acara atau janji, juga merupakan penyebab stres mikro. Tidak hanya melepas hormon stres, tapi juga menimbulkan efek bola salju, di mana kegiatan lain menjadi terganggu.

Berdebat

Berdebat dengan seseorang juga bisa membuat kita terjaga semalaman. “Biasanya, argument ini mungkin tidak dianggap cukup menganggu untuk memengaruhi tidur,” kata psikoterapis berlisensi Dr Faith Perez McGowan.

Namun, ini tetap memiliki kaitan dengan hormon stres. Pasalnya, kita akan berpikir tentang kalimat yang seharusnya dilontarkan kepada lawan bicara atau memberikan respon yang berbeda kepada orang tersebut.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...