Sering Ngantuk di Tempat Kerja? Berikut Tips untuk Mengatasinya

Rusmanto
Rusmanto

Sering Ngantuk di Tempat Kerja? Berikut Tips untuk Mengatasinya ilustrasi
Winnetnews.com - Kesibukan membuat banyak orang tidak bisa mencukupi kebutuhan tidur di malam hari. Akibatnya, rasa kantuk menyerang saat bekerja sehingga menurunkan produktivitas Anda. Tidak perlu risau. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan ngantuk saat jam kerja.

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja

Tak sedikit yang mengorbankan jam tidur demi memenuhi tuntutan pekerjaan. Padahal, jam istirahat yang kurang menyebabkan rasa kantuk muncul saat Anda bekerja.

Agar tidak berdampak pada produktivitas kerja, berikut adalah cara yang dapat Anda coba untuk menghilangkan ngantuk saat kerja:

1. Tidur siang sejenak

Tidur siang sejenak atau power nap menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa ngantuk yang menyerang ketika jam kerja.

Tidur siang bermanfaat membuat tubuh rileks dengan cepat dan lebih dalam. Anda dapat melakukannya sambil duduk, atau berbaring jika memungkinkan. Cobalah lakukan kegiatan ini pada pukul 2 siang.

Durasi tidur siang yang ideal adalah selama 15-20 menit. Kurang dari rentang tersebut, tubuh Anda tidak akan memperoleh manfaatnya.

Sementara tidur siang selama lebih dari 20 menit malah dapat membuat Anda lesu dan mengantuk.

2. Bergerak

Bergerak adalah cara efektif untuk menghilangkan ngantuk saat kerja sekaligus membuat tubuh Anda selalu bugar. Saat mengantuk, cobalah beranjak dari tempat duduk dan berjalanlah mengitari lingkungan kantor selama 10 menit.

Berjalan kaki akan memicu jantung memompa lebih banyak darah kaya oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen bermanfaat untuk menjaga otak tetap aktif dan waspada sehingga rasa kantuk pun menghilang.