Sering Ngantuk Saat Sakit? Ini Alasannya
ilustrasi
Kesehatan

Sering Ngantuk Saat Sakit? Ini Alasannya

Kamis, 7 Nov 2019 | 20:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Saat sedang sakit, biasanya Anda merasa jadi lebih gampang mengantuk. Banyak yang mengira kondisi ini disebabkan oleh pengaruh obat yang membuat Anda lebih banyak beristirahat agar cepat pulih. Walaupun ada benarnya, ada pula penjelasan lain mengapa Anda merasa mudah tertidur saat sakit, seperti saat flu. Simak ulasan di bawah ini. 

Mengapa orang yang sedang sakit gampang mengantuk?

image0

Pada saat seseorang sedang sakit, tidak jarang mereka cenderung lebih sering menghabiskan waktunya untuk tidur karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa kimia yang seseorang keluarkan saat sedang sakit. 

Senyawa tersebut akan menolak aktivitas sel sistem saraf yang berfungsi untuk meningkatkan kesadaran. Para peneliti dari eLife menemukan bahwa senyawa tersebut merupakan protein dengan nama DMSR-1 (diaktivasi oleh FLP-13) yang berfungsi untuk membuat Anda tertidur.

FLP-13 merupakan senyawa kimia yang dilepaskan ketika seseorang sedang sakit. Di dalam penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa hewan yang sakit juga tidak melakukan kegiatan normal mereka, sehingga lebih banyak beristirahat dan tidur. 

Itu sebabnya, saat sedang sakit Anda cenderung gampang tidur karena senyawa kimia FLP-13 akan mengaktivasi protein DMSR-1 yang membuat Anda menjadi mengantuk.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang DMSR-1 dan interaksinya dengan FLP-13. 

TAGS:
ngantuksakit

RELATED STORIES

Loading interface...